ASN Berbondong-Bondong Minta Pindah Keluar Halbar

ilustrasi

JAILOLO – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) berbondong-bondong mengajukan pindah tugas keluar daerah.

Setidaknya hingga Senin (01/02/2021) kemarin, terdapat 15 permohonan sudah dijawab oleh Pemda Halbar dengan dikeluarkannya rekomendasi pindah tugas kepada mereka.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Halbar, Zubair T Latif, Selasa  (02/02/2021) mengatakan, dari jumlah tersebut 13 diantaranya mutasi ke Pemprov Maluku Utara, sedangkan 2 ASN Eselon III mutasi ke Pemkot Ternate.

“Dari 15 orang ini secara resmi sudah dilakukan pelepasan. Tapi masih banyak lagi jumlahnya, bahkan puluhan yang mengajukan permohonan pindah keluar daerah,” ungkapnya.

Menurut Zubair, alasan usulan pindak tugas seluruhnya normatif. Misalnya, ingin dekat dengan keluarga dan alasan ikut suami ataupun istri.

“Berdasarkan ketentuan, mutasi atau pindah tugas minimal telah mengabdi selama lima tahun. Selain itu, permohonan pengajuan pindah tugas juga tentunya harus berdasarkan persetujuan daerah asal.

“Dari rekomendasi tersebut, nantinya menjadi permohonan untuk disampaikan ke bupati dan diteruskan ke BKD untuk diproses. Kalau sudah ada pelepasan nantinya juga ada usulan pemutusan gaji oleh daerah dan itu ASN yang ajukan pindah wajib mengurus soal itu guna pengajuan pengalihan gaji ke intansi yang dituju,” ujarnya.

Lanjut Zubair, pengajuan mutasi atau pindah tugas bagi jabatan tertentu oleh BKD harus melapor ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Jadi kedepan juga semakin ribet. Semua farmasi jabatan harus dilaporkan dulu ke Kemenpan. Apa lagi mutasi antar intansi juga bakalan ribet lagi,” tandasnya.

Ketika ditanya apakah usulan pindah tugas tersebut dikarenakan masa jabatan Bupati Danny Missy yang akan habis atau tersebabkan Pilkada, Zubair mengaku tidak mau berspekulasi jauh.

Zubair menambahkan, sesuai ketentuan batas akhir minimal 15 Februari 2021. Itupun pengisian jabatan bagi pimpinan SKPD atau badan yang berstatus pelaksana tugas (plt) ataupun mutasi staf.

“Yang pasti soal mutasi ataupun pengisian jabatan diakhir masa jabatan, sampai saat ini kami dari BKD belum mendapat arahan ataupun penyampaian melalui bupati,” pungkasnya.(rrm)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KEGAGALAN PROYEK LINGKUNGAN

Sel Feb 9 , 2021
JAILOLO – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) berbondong-bondong mengajukan pindah tugas keluar daerah. Setidaknya hingga Senin (01/02/2021) kemarin, terdapat 15 permohonan sudah dijawab oleh Pemda Halbar dengan dikeluarkannya rekomendasi pindah tugas kepada mereka. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Halbar, Zubair T Latif, Selasa  (02/02/2021) […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!