Panitia Program PTSL Halbar dilantik, ini Pesan Kepala BPN

Kepala BPN Halbar, Arman Anwar

JAILOLO – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) siap menjalankan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau sertifikasi bidang tanah.

Kesiapan ini ditandai dengan pelantikan panitia ajudikasi satuan tugas fisik, satuan tugas yuridis dan satuan tugas administrasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di kantor BPN Halbar, Selasa (26/01/2021).

Kepala BPN Halbar, Arman Anwar, saat ditemui wartawan usai pelantikan mengatakan, program PTSL ini akan direalisasikan di tiga desa wilayah Kecamatan Jailolo yang sudah tersertifikasi di tahun 2020. Ketiga desa itu yakni Desa Payo, Desa Galala dan Desa Bobanehena.

Dijelaskan, PTSL ini berlaku bukan hanya tanah milik masyarakat saja tetapi juga tanah milik Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, BUMN, Masjid maupun Gereja.

“Jadi sepanjang tanah itu klir dan tidak bermasalah kami akan merealisasikan program ini. Tapi Kalau bermasalah atau dalam peta kami (BPN) namanya K3.3 maka kami akan tinggalkan. Ini nanti akan kami lakukan sosialisasi karena banyak masyarakat yang belum memahami arti sertifikat,” jelasnya.

Arman berpesan kepada panitia yang bertugas agar tidak melakukan pungutan liar terhadap masyarakat. Jika ditemukan dan terbukti maka akan diberikan sanksi tegas.

“Untuk panitia jangan coba-coba bermain dilapangan. Kalau masyarakat memberikan sesuatu dalam bentuk makanan silahkan saja, tapi kalau dalam bentuk duit jangan coba-coba. Saya akan berikan sanksi dan akan menyeretnya ke Kejaksaan,” tegasnya.(rrm/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiga Hari Kantor Disperindagkop Pulau Taliabu tak 'Berpenghuni'

Rab Jan 27 , 2021
BOBONG – Selama kurun waktu tiga hari belakangan ini, terhitung sejak tanggal 25 – 27 Januari, Kantor Dinas Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dispridagkop) Kabupaten Pulau Taliabu tertutup rapat tanpa ada aktivitas. Suasana lengang di kantor tersebut menyusul tidak berkantornya Kepala Disperindagkop Pulau Taliabu, Muhlis Soamole yang sudah kurang lebih […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!