MA Tolak Kasasi Kasus Korupsi APBD Halbar 2015

 

 

Kantor Kejari Halbar

JAILOLO – Mahkama Agung (MA) menolak kasasi mantan bendahara umum Sekretariat Daerah Pemkab Halmahera Barat (Halbar) Rahmat dalam kasus korupsi APBD Halbar tahun 2015.

Penolakan ini berdasarkan putusan MA tertanggal 25 November 2020, nomor SK: 3536 K/Pid.sus/2020.

“Salinan putusan MA itu bahkan secara resmi telah diterima oleh Kejari Halbar pada tanggal 11 Januari 2021 kemarin. Selanjutnya tinggal dilakukan eksekekusi,” kata Galih Martino, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kaspidsus) Kejari Halbar, kepada wartawan, Minggu (25/01/2021).

Galih menerangkan, berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Tipidkor Ternate tertanggal 4 April 2020, terdakwa Rahmat divonis bersalah dengan hukuman 4 tahun 6 bulan penjara serta denda Rp 50 juta.

“Jadi denda itu kalau tidak dibayar maka pidana kurungan 6 bulan, uang pengganti Rp 1.000.088.000 subsider 2 tahun 3 bulan. Saat ini terdakwa dititipkan di Rutan Ternate,” terangnya.

Galih bilang, kasus ini penangananya melalui Kejati Maluku Utara kemudian dilimpahkan ke Kejari Halbar.

“Penanganan kasus korupsi ini juga tidak menutup kemungkinan ada calon tersangka baru. Penangananya nanti kami kordinasi dengan penyidik Kejati Malut soal penangananya apakah ada calon tersangka lain atau tidak,” ujar dia.

Sekedar untuk diketahui, kasus korupsi APBD Halbar tahun 2015 ini sempat menyeret beberapa nama mantan pejabat di Halbar seperti, mantan Bupati Penta Libela, mantan Sekda Abjan Sofyan serta mantan Kadis Keuangan Usman Drakel.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pendaftaran SNMPTN 2021 dibuka Februari

Sel Jan 26 , 2021
    JAILOLO – Mahkama Agung (MA) menolak kasasi mantan bendahara umum Sekretariat Daerah Pemkab Halmahera Barat (Halbar) Rahmat dalam kasus korupsi APBD Halbar tahun 2015. Penolakan ini berdasarkan putusan MA tertanggal 25 November 2020, nomor SK: 3536 K/Pid.sus/2020. “Salinan putusan MA itu bahkan secara resmi telah diterima oleh Kejari […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!