RSUD Jailolo Bakal Dapat Kucuran Dana Rp 16 Miliar

JAILOLO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bakal mendapat kucuran dana senilai Rp16 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2021.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Kabid Perencanaan RSUD Jailolo, Muammar kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (20/01/2021).

Alokasi anggaran tersebut menurut Muammar sudah diploting dan akan diperuntukan pengadaan alat kesehatan (alkes) RSUD Jailolo. “Anggarannya sudah diploting, tapi kita juga masih menunggu DPA-nya,” ujarnya.

Pengadaan Alkes itu kata Muammar, berdasarkan usulan perencanaan yang diprioritaskan bagi yang belum tersedia dan juga kebutuhan perawat di RSUD Jailolo yang masih kurang

“Dana sebesar itu selain diprioritaskan untuk Alkes juga ada pengadaan alat penunjang lainya, misalnya radiologi, ada UTD donor, lab dan lain-lain. kemudian alat rongseng protebel yang lebih simpel guna mempermudah pemeriksaan pasien dilengkapi dengan dukungan alat lainnya guna mencegah radiasi,” katanya.

Sebelumnya di tahun 2020, RSUD Jailolo mendapatkan kucuran dana dari DAK sebesar Rp 10 milliar yang diperuntukan pembangunan fasilitas fisik diantaranya Unit Gawat Darurat (UGD).

Disinggung soal pengadaan satu unit mobik ambulance senilai Rp 648 juta melalui DAK tahun anggaran 2020, Muammar menyatakan itu gagal tender lantaran pemenang paketnya mengundurkan diri. Namun dipastikan pada tahun anggaran 2021 ini akan dilelang kembali.

“Kalau pengadaan ambulance tahun 2020 itu gagal tender karena tipe mobil yang dicari katanya tidak diproduksi, tapi tahun ini akan dilelang kembali,” cetusnya.(rrm/red)

Pos terkait