Puting Beliung Hantam Rumah Warga di Halbar hingga Rusak

 

Kondisi rumah warga yang rusak akibat dihantam puting beliung

JAILOLO – Sejumlah rumah warga di Desa Sidangoli Gam, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) rusak parah setelah dihantam puting beliung sejak, Sabtu (16/01/2020) kemarin.

Kepala BPBD Halbar, Abdullah Ishak saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (18/01/2020) membenarkan kejadian tersebut. “Atap rumah yang terbuat dari seng terbang akibat puting beliung,” kata Abdullah.

Ia mengungkapkan, hari itu juga terjadi gelombang pasang air laut dengan ketinggian 2-3 meter menghantam pesisir desa setempat mengakibatkan 11 rumah warga mengalami kerusakan.

“Ada 6 rumah rusak berat dan 5 rumah rusak sedang. Sementara ada sekitar 25 kepala keluarga yang mengungsi masih mengungsi di Mushollah Desa Sidangoli Gam,” ungkapnya.

Abdullah menghimbau, agar warga yang tinggal di pesisir pindah ke lokasi yang lebih aman.

“Karena tidak tahu kondisi laut sewaktu-waktu jika cuaca buruk maka akan terjadi gelombang pasang seperti itu sehingga untuk menghindari hal tersebut sebaiknya warga untuk sementara pinda ke lokasi aman dulu,” imbuhnya.

Selain itu, kata Andullah, ada juga banjir terjadi di Desa Pumadada, Linggua dan Barataku Kecamatan Loloda beberapa hari kemarin. “Banjir yang melanda Desa Purmadada itu mengakibatkan 5 rumah rusak, 2 diantaranya rusak berat dan 3 rusak ringan,” katanya.

Sedangkan sebagian masyarakat yang mengungsi itu sekitar 50 Kepala Keluarga (KK) tapi sekarang sudah kembali ke rumah masing-masing pada Minggu (17/01/2021) setelah banjir surut.

“Kalau untuk Desa Barataku Loloda hanya fasilitas umum berupa pagar Kantor Cabang PLN Loloda yang ambruk akibat dihantam banjir,” ujarnya. “Begitu juga di Desa Linggua Kecamatan Loloda terendam banjir ukuran lutut hingga paha orang dewasa,” sambung Abdullah.

Abdullah juga menyampaikan, pada Senin tadi terjadi longsor di jalan umum yang menghubungkan Jailolo-Sidangoli, Kecamatan Jailolo Selatan tepatnya di Jalan Koma. Kejadian itu terjadi sekira pukul 03:00 WIT dini hari.

“Kami sudah kerahkan sekitar 30 personel gabungan dari BPBD Halbar, TNI dan juga anggota Polres Halbar sekirat pukul 10:00 WIT pagu guna membersihkan badan jalan yang tertimbun longsor itu. Dan pukul 16:30 WIT dilaporkan sudah selesai pembersihan,” catusnya.

Abdullah menambahkan, untuk penyaluran bantuan kepada para pengungsi baru tersalurkan di Desa Sidangoli Gam berupa bahan makanan diantaranya beras, supermie dan air minum.

“Sesuai laporan yang diterima sampai saat ini, tidak ada korban jiwa dari bencana yang terjadi dibeberapa lokasi tersebut,” pungkasnya.(rrm)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Halbar Bakal Surati PT IWIP untuk Bahas Masalah ini

Rab Jan 20 , 2021
  JAILOLO – Sejumlah rumah warga di Desa Sidangoli Gam, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) rusak parah setelah dihantam puting beliung sejak, Sabtu (16/01/2020) kemarin. Kepala BPBD Halbar, Abdullah Ishak saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (18/01/2020) membenarkan kejadian tersebut. “Atap rumah yang terbuat dari seng terbang akibat puting […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!