KPU Halbar Buka 52 Kotak Suara

JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara menyiapkan dokumen untuk menghadapi gugatan di Mahkama Konstitusi (MK). Dokumen tersebut adalah formulir hasil perhitungan suara di 52 TPS dari 32 desa di 7 kecamatan.

Dokumen itu diambil KPU dari dalam kotak suara pada, Selasa (19/01/2021) sekitar pukul 15.00 WIT di Aula Kantor KPU Halbar.

Ini sesuai dengan pokok aduan pemohon dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halbar nomor urut 2, Dany Missy-Imran Lolory di MK.

“Pembukaan kotak suara ini untuk mengeluarkan bukti yang diperlukan saat sidang di Mahkama Konstitusi pada tanggal 18-19 Januari 2020 nanti,” kata Miftahudin Yusup, Ketua KPU Halbar kepada wartawan.

Miftahudin bilang, ini sudah sesuai prosedur dengan melibatkan Bawaslu dan aparat Kepolisian. Selain itu juga sesuai dengan Peraturan MK Nomor 8 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Nomor 7 Tahun 2020 tentang tahapan dan jadwal Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota mengatur bahwa penyampaian salinan pemohon kepada KPU Halbar.

“Jadi alasan pembukaan kotak suara itu karena gugatan Pilkada Halbar saat ini sudah terdaftar di MK. Prinsipnya kita serahkan semua ke MK untuk menilai,” pungkasnya.(red)