Pemilih Tanpa e-KTP Boleh Salurkan Hak Pilih

Aknosius Datang

JAILOLO – Pemilih yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) diperbolehkan menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada serentak yang akan berlangsung pada Rabu (09/12/2020) nanti.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (Kordiv PHL) Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Aknosius Datang kepada wartawan, Senin (07/12/2020).

Pria yang akrab disapa Ongki ini mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 menyebutkan bahwa yang bisa menggunakan hak pilih pada saat pencoblosan itu adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi mau orang tersebut ada e-KTP atau tidak, tetap punya hak Pilih,” katanya.

Ongki menegaskan, apabila terdapat petugas KPPS yang melarang pemilih menyalurkan hak pilih hanya karena belum memiliki e-KTP maka akan diberikan sanksi berupa pidana.

“Jika kedapatan KPPS yang melarang pemilih tanpa e-KTP melakukan pencoblosan sedangkan orang tersebut dikenal atau tidak asing lagi di Desa dimana dilakukan pencoblosan maka Bawaslu akan proses pidana KPPS tersebut,” tegasnya.

Dia menambahkan, KPPS hanya memastikan bahwa yang datang membawa C enam itu adalah benar-benar nama pada C enam dengan menunjukan KTP. Hal itu hanya mengantisipasi orang yang tidak dikenal dan hal ini bisa terjadi di perkotaan.

“Jadi tanpa membawa e- KTP yang namanya sudah terdaftar dalam DPT pada saat pencoblosan juga bisa mencoblos dan kalau ada KPPS yang larang, itu akan menjadi temuan karena menghalang-halangi orang mencoblos,” tandasnya.(rrm)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Warga Bobaneigo Tolak SK Pembentukan KPPS, ini Penyebabnya

Sen Des 7 , 2020
JAILOLO – Warga Dusun Bangkok, Desa Bobaneigo, Kecamatan Jailolo Timur, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menolak Surat Keputusan (SK) pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) Jailolo Selatan. Hal ini disampaikan Kepala Desa Bobaneigo, Abdullah Fara saat ditemui wartawan di Kantor Bupati […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!