Jumlah Kasus HIV/AIDS Tahun 2020 di Halbar Menurun

JAILOLO – Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mencatat jumlah kasus terjangkit HIV/AIDS di tahun 2020 mengalami penurunan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Halbar, Rahmad Patty, usai menggelar workshop Tatalaksana Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) yang dilaksanakan oleh Dinkes Halbar dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia pada 1 Desember 2020, di Wisata Rapa Pelangi, Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo.

“Data yang terkafer oleh Dinkes Halbar pada tahun 2017 ada 12 orang terinfeksi HIV/AIDS yang terdiri dari laki-laki 5 orang dan perempuan 7 orang. Pada 2018 sebanyak 19 orang yakni 6 orang laki-laki dan 13 Perempuan. Sedangkan pada tahun 2019 kemarin terinfeksi 12 orang diantaranya 6 laki-laki dan 6 perempuan. Kemudian pada 2020 sebanyak 9 orang terdiri dari laki-laki 3 dan perempuan 6 orang,” ungkap Rahmad.

Rahmad menyebutkan, orang yang terjangkit HIV/AIDS didominasi oleh Ibu Rumah Tangga (IRT). Namun tak secara rinci disebutkan berapa banyak jumlahnya.

“Kasus ini kebanyakan dari Ibu Rumah Tangga (IRT) karena adanya perilaku penyimpangan,” ucap dia.

Rahmad mengemukakan, sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan 100 persen penyakit tersebut. Sedangkan kendala paling utama ialah tidak terbukanya pasien soal penyakit HIV/AIDS yang diderita.

“Nanti sampai sudah parah baru mereka datang ke puskesmas. Jadi inilah yang menjadi kendala,” catusnya.

Olehnya itu, Rahmad berharap dengan adanya kegiatan ini dapat diimplementasikan adanya penanganan dan pencegahan yang dapat dilakukan oleh para peserta kegiatan.

“Harapan dari Dinkes sendiri harus adanya pola hidup bersih dan sehat oleh masyarakat dan juga harus setia pada pasangan hidup agar tidak melakukan perilaku penyimpangan seksual dan kembali ke agama-agama kita masing-masing terkait larangan perilaku menyimpang tersebut,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan Tatalaksana Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) itu dihadiri oleh 32 peserta terdiri dari dokter, pengelola HIV/AIDS, serta petugas laboratorium.(rrm)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tersangka Pengeroyokan Warga Payo Tengah Ditahan Jaksa

Rab Des 2 , 2020
JAILOLO – Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mencatat jumlah kasus terjangkit HIV/AIDS di tahun 2020 mengalami penurunan. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Halbar, Rahmad Patty, usai menggelar workshop Tatalaksana Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) yang dilaksanakan oleh Dinkes Halbar dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia pada 1 Desember […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!