Pengurus Sanggar Eli Marasai Kelurahan Seli Resmi dibentuk

Pelantikan pengurus Sanggar Eli Marasai, Kelurahan Seli, Kecamatan Tidore

TIDORE – Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Yakub Husain telah melantik pengurus Sanggar Eli Marasai, Kelurahan Seli, Kecamatan Tidore resmi dibentuk.

Pelantikan Sanggar Eli Marasai berlangsung di Kelurahan Seli berdasarkan surat keputusan Lurah Seli Nomor: 220/12/2020 tentang pembentukan Sanggar Seni dan Budaya Eli Marasai tertanggal 10 November 2020.

“Sebelum Pak Asrul saat itu sebagai ketua umum kebudayaan, dan saat ini beliau sudah almarhum. Namun sampai saat ini belum ada yang ganti makanya saya selaku ketua harian melantik Sanggar Eli Marasai di Kelurahan Seli,”kata Yakub, Kamis (12/11/2020).

Menurut Yakub, pentingnya sanggar seni harus dibentuk dikarenakan orientasi pengembangan pembangunan Tidore Kepulauan tidak terlepas dari adat dan budaya serta pengembangan sejarah yang menjadi titik fokus kedepan.

Sementara itu Lurah Seli, Sahrul Muhammad dalam kesempatan yang sama mengatakan, Sanggar Eli Marasai dibentuk sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat generasi muda Seli maupun Kota Tidore Kepulauan demi memajukan kebudayaan.

“Selaku pemerintah kelurahan, saya mendukung penuh atas terbentuknya Sanggar Eli Marasai, sebab ini menyangkut dengan budaya kita yang perlu dilestarikan serta merawat generasi saat ini,” ungkapnya.

Disamping itu, Ketua Umum Sanggar Eli Marasai, Ratna Djamaludin menambahkan, berdirinya sanggar Eli Marasai paling tidak, dapat menampung bakat-bakat generasi muda dan semua talenta-talenta yang jiwanya memajukan kearifan lokal Tidore, seperti bahasa daerah Tidore.

“Misalnya, sastra lisan, dalil tifa, dola bololo, dolo-dolo, rababu maupun soya-soya Seli yang perlu dihidupkan kembali. Karena hampir semua punah, makanya hadirnya sanggar Eli Marasai prinsipnya menjaga dan mengembangkan kearifan lokal Tidore,” harapnya.(len)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Turun Bersama Jou Ngofa Firman Mudaffar Sjah, Zaman-Pay Banjir Dukungan di Gamlamo

Sab Nov 14 , 2020
JAILOLO – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar) nomor urut 3, Zakir Mando dan Pdt. Alpinus K. Pay mendapat sambutan hangat dari ratusan pendukung dan simpatisan di Desa Gamlamo, Kecamatan Jailolo saat berkampanye, Jumat (13/11/2020) malam. Bersama Ketua Tim Pemenangan Firman Mudaffar Sjah yang tak lain adalah […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!