Dugaan Pelanggaran Pemilu Timses AMAN di Tidore Timur Siap Naik ‘Meja Hijau’

Kajari Tikep Adam Saemima (paling kanan) bersama staf

TIDORE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tidore Kepulauan (Tikep) menyampaikan bahwa berkas perkara kasus dugaan pelanggaran Pemilu yang melibatkan tim sukses (Timsus) pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tikep, Capt Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen di Kecamatan Tidore Timur telah lengkap alias P21.

Dengan demikian, kasus dugaan pengusiran timsus dari pasangan berakronim AMAN terhadap Panwascam Tidore Timur ini telah siap dilimpahkan ke pengadilan negeri untuk disidangkan.

“Untuk kasus Panwascam Tidore Timur sudah dinyatakan lengkap dan sudah memenuhi unsur, dan secepatnya kita limpahkan ke Pengadilan Negeri,” kata Adam Saemima, Kajari Tikep didampingi Kasi Pidum Kejari Tikep, Rabu (11/11/2020).

Kajari menambahkan, karena menghalangi tugas Panwascam maka pasal yang dilanggar yakni pasal 198a Tentang Pilkada.

Selain kasus tersebut, kasus pelanggaran Pemilu yang ditangani Kejari yakni dugaan pelanggaran Pemilu di Kecamatan Oba Selatan, Kota Tikep yang melibatkan Kepala Desa Selamalofo, Asrul.

“Terkait kasus di Oba Selatan berkasnya baru kami terima kemarin. Jadi sementara masih periksa dulu berkasnya, karena kasus Kades Selamaofo itu dia telah melanggar pasal 188 dengan perbuatan menguntungkan dan merugikan salah satu pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Panwascam Oba Selatan, Iksan N. Bawoel saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa kasus pelanggaran Pemilu yang melibatkan Kepala Desa Selamalofo, Asrul terjadi pada tanggal 9 Oktober 2020.

“Jadi pelanggaran pemilu itu, terjadi pada saat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tikep dengan jargon AMAN yang melakukan kampanye tahap I di Oba Selatan,” ungkapnya.

Dengan adanya kasus ini lanjut Iksan, pihaknya berharap bisa menjadi contoh kepada perangkat desa di Oba Selatan maupun ASN agar lebih bijak dalam momentum Pilkada.

“Karena sekalipun kades memiliki hak politik bukan berarti bisa bermain politik,” tegasnya.(len)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Di KUA-PPAS Tikep 2021, Transfer Pusat Turun 72 Miliar

Rab Nov 11 , 2020
TIDORE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tidore Kepulauan (Tikep) menyampaikan bahwa berkas perkara kasus dugaan pelanggaran Pemilu yang melibatkan tim sukses (Timsus) pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tikep, Capt Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen di Kecamatan Tidore Timur telah lengkap alias P21. Dengan demikian, kasus dugaan pengusiran timsus […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!