DPRD Halbar Pertanyakan Hasil Audit Proyek Jalan Goin-Kedi

Sekretaris Komisi I DPRD Halbar Joko Ahadi

JAILOLO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Barat (Halbar) mempertanyakan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Maluku Utara (Malut) terkait proyek Jalan Goin- Kedi, Kecamatan Loloda yang menggunakan Dana pinjaman sebesar Rp 159 miliar Tahun 2018.

Anggota Komisi II DPRD Halbar, Riswan Hi. Kadam kepada wartawan, Rabu (11/11/2020) mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkonsultasi ke BPK Malut terkait proyek jalan Goin- Kedi Kecamatan Loloda yang menggunakan dana Pinjaman Daerah Rp 159 miliar itu.

Sebab yang pada faktanya, kata Riswan, pekerjaan belum terselesaikan namun tidak menjadi temuan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Malut tahun 2019.

“Hasil pemeriksaan BPK menjadi rujukan kita dalam mengungkap sebuah data. Terkait informasi jalan Goin-Kedi ada temuan, dapat dikonfirmasi melalui hasil pemeriksaan BPK karena itu merupakan lembaga yang diakui memiliki otoritas melakukan pemeriksaan atau audit,” ujarnya.

“Namun ada temuan lain yang berbeda dengan hasil audit BPK. Itu yang butuh klarifikasi. Intinya ada fakta-fakta permasalahan proyek jalan Goin-Kedi yang itu tidak termuat dalam temuan LHP BPK tahun 2019 yang akan dikonsultasikan,” sambung Riswan.

Terpisah, Sekretaris Komisi I DPRD Halbar, Joko Ahadi mengatakan, “memang benar kami sudah dijadwalkan untuk berkosultasi dengan BPK Malut terkait dana pinjaman Daerah Rp 159 miliar itu,” katanya.

Lanjut Joko, pada saat konsultasi nanti pihaknya akan menanyakan soal kesflou pinjaman yang ada di rekening Daerah itu dikemanakan sehingga pekerjaan Jalan Goin-Kedi tidak selesai-selesai dengan berbagai macam alasan.

“Dan pasti juga kita telusuri soal kualitas pekerjaan yang ada dan terbenkalai,” cetusnya.

Sekedar untuk diketahui, proyek yang dikerjakan oleh PT. ALFA ADIEL dengan nilai kontrak sebesar Rp 49.454.600.000 itu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Pinjaman Pemda Halmahera Barat Tahun 2018 dan diberikan waktu pekerjaan selama 210 Hari kalender.

Pekerjaan dimulai 03 Oktober 2018 dan berakhir pada 30 April 2019. Namun hingga November 2020 proyek tersebut tak kunjung selesai.(rrm)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Harga Kopra di Kepsul Naik Bervariasi, Segini Perbedaannya

Rab Nov 11 , 2020
JAILOLO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Barat (Halbar) mempertanyakan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Maluku Utara (Malut) terkait proyek Jalan Goin- Kedi, Kecamatan Loloda yang menggunakan Dana pinjaman sebesar Rp 159 miliar Tahun 2018. Anggota Komisi II DPRD Halbar, Riswan Hi. Kadam kepada wartawan, Rabu (11/11/2020) mengatakan, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!