Eksepsi Jurkam FAM-SAH diterima Majelis Hakim

Julkifli Umagapi (tengah) didampingi Penasihat Hukum

SANANA – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara, menerima nota keberatan atau eksepsi yang diajukan Penasihat Hukum terdakwa Julkifli Umagapi, selaku Juru Kampanye (Jurkam) Paslon Bupati Kepsul Fifian Adeningsi Mus-M. Saleh Marasabessy (FAM-SAH), Senin (09/11/2020).

Sidang Putusan Sela Nomor: 51/Pid.Sus/2020/PN Snn ini dihadiri Jukifli Umagapi didampingi Penasihat Hukumnya Hitno kossi, S.H., M.M., bersama rekan Abd. Aan Achbar, S.H dan Sherly Bantu, S.H.

Dengan diterimanya eksepsi, Majelis Hakim Ilham, S.H., M.H., (ketu) didampingi anggota Pitriadi, S.H., M.H., dan Edgar Pratama Hanibal, S.H., mengadili surat dakwaan Penuntut Umum Nomor: PDM-34/Q.2.14/Eku.2/10/2020 tanggal 3 November 2020 batal demi hukum karena tidak memenuhi syarat materil.

Putusan ini Majelis Hakim menimbang, bahwa dakwaan Penuntut Umum tidak memenuhi syarat-syarat dakwaan sebagaimana diatur dalam Pasal 143 ayat (2) dan (3) KUHAP.

Oleh karena surat dakwaan dalam perkara a quo dinyatakan kabur dan batal demi hukum maka pemeriksaan dalam perkara ini tidak dapat dilanjutkan.

Ditambah, Penuntut Umum masih menggunakan Pasal 187 ayat (2) Jo Pasal 69 huruf (b) Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015. Sedangkan Pasal 69 huruf (b) itu sudah diubah dengan UU Nomor 8 Tahun 2015.

“Pasal 143 ayat (3) KUHAP, surat dakwaan yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal (2) huruf b batal demi hukum,” tegas Hakim Ketua, Pitriadi.

Majelis Hakim juga memerintahkan pengembalian surat dakwaan Nomor: PDM-34/Q.2.14/Eku.2/10/2020 tanggal 3 November 2020 kepada Penuntut Umum.

Terpisah, Penasihat Hukum Julkifli Umagapi, Hitno Kossi, S.H., M.M., ketika ditemui usai sidang menyampaikan sangat puas Majelis Hakim sungguh sangat menerapkan hukum yang sebenar-benarnya.

“Alhamdulillah, eksepsi tersebut diterima oleh majelis hakim. Itu berarti, terdakwa Julkifli Umagapi dibebaskan dari segala dakwaan dan dibebaskan demi hukum,” ucapnya.

Sekedar untuk diketahui, Julkifli Umagapi yang merupakan Jurkam Paslon FAM-SAH didakwa terkait dugaan unjaran kebencian terhadap paslon Bupati Kepsul Zulfahri Duwila-Ismail Umasugi (Zadi-Imam).(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Antara Kampanye, Ulang Tahun dan Goyang Nasi Padang

Sel Nov 10 , 2020
SANANA – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara, menerima nota keberatan atau eksepsi yang diajukan Penasihat Hukum terdakwa Julkifli Umagapi, selaku Juru Kampanye (Jurkam) Paslon Bupati Kepsul Fifian Adeningsi Mus-M. Saleh Marasabessy (FAM-SAH), Senin (09/11/2020). Sidang Putusan Sela Nomor: 51/Pid.Sus/2020/PN Snn ini dihadiri Jukifli […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!