Perda PPA disahkan, Fospar : Perlu Adanya Sosialisasi Intens

TIDORE – Peraturan Daerah (Perda) Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) telah disahkan oleh DRPD Kota Tidore Kepulauan pada, 3 November 2020 lalu.

Pengesahan Perda tersebut disambut positif oleh LSM Forum Studi Perempuan (Fospar) Maluku Utara. Selain mengapresiasi, Forpar pun mengajak semua pihak terlebih stakeholder terkait agar intens mensosialisasikan Perda tersebut ke masyarakat.

Direktur Fospar Maluku Utara, Hadinda Usman menjelaskan, trend kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di tahun 2019-2020 terbilang cukup banyak, dengan pelaku usia dewasa. Makanya dengan disahkan Perda PPA ini diharapkan pula penerapannya bisa diseriusi oleh seluruh lembaga terkait.

“Sebagai langkah awal, kami akan melakukan sosialisasi kepada semua kalangan masyarakat, baik di lembaga-lembaga formal maupun non formal, serta kita akan mengawal secara ketat, sehingga pihak-pihak tertentu melanggar aturan ini, tinggal kita arahkan langsung ke ranah hukum,” tegas Hadinda, Rabu (04/11/2020).

Dia pun berharap agar ada kerjasama yang baik antara lembaga LSM seperti Fospar dengan pemerintah dan DPRD dalam memberantas kasus kekerasan perempuan dan anak.

“Paling tidak kita harus memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi meminimalisir kasus perlindungan perempuan dan anak. Dengan adanya Perda ini, maka tingkat kekerasaan perempuan dan anak, kita bisa menurunkan angka kasus tersebut. Setelah Perda itu sudah dilaksankan, paling tidak ada evaluasi-evaluasi, baik LSM Forpar, DPRD maupun pemerintah daerah,” sambungnya.

Terpisah, Ketua Pansus Perda PPA, Elvri Hahib saat dikonfirmasi senada menyerukan agar Perda ini segera disosialisasi ke masyarakat.

“Tidak sekadar di kecamatan maupun di kelurahan, tetapi turun langsung ke sekolah-sekolah dan masyarakat, karena kasus kekerasaan perempuan yang kita lihat sangat miris ketika dibahas,” katanya.

Menurut Elvri, dengan adanya sosialisasi yang intens maka dengan sendirinya ada upaya pencegahan terhadap pelaku kekerasan.

“Maka saya tawarkan untuk intens melakukan sosialisasi bagi setiap LSM perempuan maupun lembaga-lembaga perempuan lainnya,” ungkap Elvri.(len)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Harga Cengkeh di Kepsul Turun Drastis, Kopra dan Pala Stabil

Kam Nov 5 , 2020
TIDORE – Peraturan Daerah (Perda) Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) telah disahkan oleh DRPD Kota Tidore Kepulauan pada, 3 November 2020 lalu. Pengesahan Perda tersebut disambut positif oleh LSM Forum Studi Perempuan (Fospar) Maluku Utara. Selain mengapresiasi, Forpar pun mengajak semua pihak terlebih stakeholder terkait agar intens mensosialisasikan Perda […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!