Intimidasi Wartawan, PWI Malut Bakal Surati Kapolri

ilustrasi

TERNATE – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku Utara (Malut) mengecam tindakan intimidasi yang dilakukan oleh oknum polisi Polda Malut terhadap wartawan di Ternate, Selasa (20/10/2020).

Sekretaris PWI Malut, Adnan Ways mengatakan, saat ini Pengurus dan Dewan Pengurus PWI Malut tengah mengkaji insiden tersebut melalui bukti rekaman video yang saat ini sudah beredar di medsos.

“Kami masih mengkaji kronologis sesungguhnya atas insiden tadi sore. Paling tidak bisa memberi sedikit gambaran kepada kami untuk mencermati dan menyikapi masalah ini. Kami sangat menyayangkan tindakan oknum polisi tersebut. Kami juga sudah mengkoordinasikan di internal pengurus PWI Malut, akan secepatnya mengambil langkah sehingga peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi,” kata Adnan.

BACA JUGA: Oknum Polisi Diduga Intimidasi Wartawan Saat Meliput Aksi Tolak UU Ciptaker di Ternate

Menurut dia, jika memang ada standar operasional prosedural (SOP) batasan yang tidak bisa dilewati oleh wartawan untuk mengabadikan peristiwa pengamanan demonstran, mestinya dibicarakan secara baik-baik. Bukan melarang, bahkan mendorong jurnalis tanpa dasar saat meliput hingga terjadi kisruh.

“Di lantai dua kantor walikota itu kan bukan areal tertutup bagi awak media untuk meliput. Kecuali ada kawasan yang memang tidak diperbolehkan bagi awak media untuk mengambil gambar atau video. Itupun harus melalui protap terlebih dahulu secara bersama sehingga wartawan mengetahuinya. Kan ini kejadiannya spontan, kemudian wartawan mengejar untuk mengabadikan peristiwa, ada demonstran yang diamankan polisi di lokasi terbuka kenapa kok bisa terjadi hal seperti ini. Ada suara teriak-teriak dalam durasi video yang mengatakan, ‘kalian menggunakan undang-undang apa’. Ini kan sudah tak wajar,” cetus Adnan.

Adnan menegaskan, hal ini akan dibicarakan dalam agenda silaturahmi PWI Malut dengan Kapolda Malut yang sudah diagendakan pada Rabu (21/10/2020).

“PWI Malut tetap mengawal masalah ini, dengan menyurat resmi ke Polda Malut dan tembusanya ke PWI Pusat, Dewan Pers dan Mabes Polri,” tegasnya.(tim)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Simpatisan Ubaid-Anjas Optimis Menang Telak di Wailukum

Kam Okt 22 , 2020
TERNATE – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku Utara (Malut) mengecam tindakan intimidasi yang dilakukan oleh oknum polisi Polda Malut terhadap wartawan di Ternate, Selasa (20/10/2020). Sekretaris PWI Malut, Adnan Ways mengatakan, saat ini Pengurus dan Dewan Pengurus PWI Malut tengah mengkaji insiden tersebut melalui bukti rekaman video yang saat […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!