Pj Bupati Haltim didesak Segera Lantik Ricky Sebagai Plh Sekda

Alva Martoms Rorano

MABA – Penjabat Bupati Halmahera Timur (Haltim) Muhammad Ali Fataruba didesak agar segera melantik Ricky Chairul Richfat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Haltim.

Desakan itu disuarakan oleh Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kabupaten Haltim.

Menurut Koordinator GAMKI Haltim, Alva Martoms Rorano, pengangkatan Ricky sebagai Plh Sekda sudah sesuai Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 sebagaimana dimaksudkan pada pasal 8 ayat 1, bahwa Bupati telah mengajukan usulan secara tertulis dengan surat nomor 188.3/289/09/2020 tertanggal 01 September 2020 kepada Gubernur Maluku Utara dan Gubernur menyetujui usulan Bupati Haltim atas usulan Plh Sekda dengan surat nomor 188.3/PJTP/164/IX/2020 tertanggal 03 September 2020.

Setelah itu kata dia, Bupati Haltim sesuai pasal 8 ayat 5 menetapkan Ricky Chairul Richfat sebagai Penjabat Sekertaris Daerah dengan surat keputusan nomor 188.45/821/53/2020 tertanggal 04 september 2020 tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan struktural Penjabat Sekertaris Daerah Haltim.

Kemudian pada pasal 9 Perpres nomor 3 Tahun 2018 juga menjelaskan bahwa penjabat pembina kepegawaian melantik Penjabat Sekda paling lama 5 hari masa kerja terhitung sejak keputusan pengangkatan penjabat Sekda yang sudah ditetapkan.

Namun, saat itu bupati berhalangan tetap atau meninggal dunia setelah menetapkan SK tentang Penjabat Sekda dan tidak diatur secara khusus dalam Perpres Nomor 3 Tahun 2018.

“Maka seharusnya penjabat Bupati Halmahera Timur berkewajiban melantik Plh Sekda yang telah ditetapkan oleh almarhum Bupati Ir. Muhdin,” cetus Alva, Senin (19/10/2020).

Lanjut dia, berdasarkan Perpres Nomor 3 Tahun 2018, penjabat Bupati dapat melakukan pergantian atau pengusulan penjabat Sekda yang baru setelah 3 bulan terhitung mulai penjabat Sekda yang lama dilantik sebagaimana SK Bupati Haltim Nomor 188.45/821/53/2020.

Dengan demikian pula jelas Alva, GAMKI Haltim memberikan tiga poin sikap dalam menyikapi polemik Plh Sekda Haltim yang terkesan dihambat ini.

Tiga poin itu diantaranya, pertama, mendesak penjabat Bupati Haltim agar melantik Ricky Chaerul Richfat sebagai Penjabat Sekda sebagaimana SK Bupati Nomor 188.45/821/53/2020. Kedua, meminta kepada penjabat Bupati Haltim untuk menciptakan stabilitas pemerintahan, mewujudkan ketertiban, ketentraman dan keamanan masyarakat, mensukseskan proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Haltim periode 2020- 2025 dan yang ketiga yakni, menolak dengan tegas Surat Pembatalan penjabat Sekda Haltim oleh Gubernur Maluku Utara dengan Nomor Surat 800/JPTP/172/X/2020 tertanggal 14 Oktober 2020 karena tidak memiliki sandaran peraturan perundang-undangan yang jelas sebagaimana dalam surat tersebut yang menjadi dasar pembatalan persetujuan pengangkatan Penjabat Sekda adalah Perpres Nomor 3 Tahun 2019 yang mengatur tentang Tunjangan Jabatan Fungsional Analisis Anggaran.(dan)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Musda ke-III Pemuda Muhammadiyah Kota Tikep Siap dihelat

Sen Okt 19 , 2020
MABA – Penjabat Bupati Halmahera Timur (Haltim) Muhammad Ali Fataruba didesak agar segera melantik Ricky Chairul Richfat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Haltim. Desakan itu disuarakan oleh Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kabupaten Haltim. Menurut Koordinator GAMKI Haltim, Alva Martoms Rorano, pengangkatan Ricky sebagai Plh Sekda sudah sesuai Peraturan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!