Kinerja Bawaslu Tikep disoal Tim Hukum AMAN

Rustam Ismail
Rustam Ismail

TIDORE – Kerja pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dalam tahapan kampanye para pasangan calon (paslon) menuai protes tim hukum paslon petahana Capt. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen.

Tim hukum paslon berakronim AMAN ini, menyayangkan adanya perlakuan tak adil yang ditunjukkan Bawaslu Tikep. Seperti adanya pembiaran pengumpulan masa dengan jumlah diatas 50 orang saat kampanye paslon Basri Salama dan Muhammad Guntur Alting (BAGUS) di Kelurahan Gamtufkange dan Desa Garojou, Kecamatan Oba Utara.

Bacaan Lainnya

Tim Hukum AMAN, Rustam Ismail menuturkan, harusnya pelanggaran tersebut secara tegas ditegur oleh Bawaslu Tikep. Karena jumlah orang yang hadir sudah melebihi dari yang telah disepakati bersama.

Menurut dia, hal ini sudah jelas melanggar PKPU nomor 13 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Pilkada serentak dalam kondisi bencana alam non alam Covid-19 maupun Perwaslu Nomor 14 Tahun 2020.

“Saya minta kepada Bawaslu Kota Tikep bersama perangkat dibawahnya dalam pengawasan dan melakukan pencegahan, kiranya dipertegas dan profesional, tidak boleh membiarkan pelanggaran begitu saja tanpa ada tindakan,” tegas Rustam, Senin (19/10/2020).

Dia pun mengingatkan, jangan hanya pada paslon AMAN saja yang diperketat oleh Bawaslu beserta jajaran pengawas dibawahnya.

“Prinsipnya, paslon AMAN selalu taat asas dan aturan Pilkada dan apabila Panwascam disetiap kecamatan ada temuan, jangan didiamkan, apalagi dibiarkan begitu saja,” tukasnya.(len)

Pos terkait