APDESI Haltim : Seluruh Kades Harus Netral di Pilkada

Muhammad Kandong

MABA – Ketua DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Muhammad Kandong mengimbau kepada 102 Kepala Desa (Kades) agar berlaku netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Haltim Tahun 2020.

Dia mengatakan, sebagaimana ketentuan yang berlaku kades tidak boleh berpolitik praktis. Ada ancaman sanksi tegas bila kades terbuka terlibat.

“Sanksi bagi kepala Desa yang terlibat berpolitik praktis sebagaimana yang diatur dalam edaran Mendagri nomor 273/3772/JS/ tertanggal 11 Oktober 2016, dan sebagaimana penegasan pasal 70 undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan Perppu nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan kepala daerah,” kata Senen sapaan akrab Muhammad Kandung, Minggu (11/10/2020).

Sehingga kata dia, kepada seluruh kades di Haltim, apabila pelaksanaan Pilkada ditemukan atau adanya indikasi kades terlibat politik praktis maka jelas akan dikenakan sanksi hingga ancaman pidana.

“Sebagaimana yang di atur dalam pasal 72 di penjara pidana paling sedikit 1 bulan dan denda paling banyak 6 juta rupiah,” tegas mantan Kades Wailukum tersebut.

Dia juga mengingatkan kembali tentang netralitas kades aktif serta perangkat desa aktif karena saat ini trend yang terlihat adalah kades maupun perangkat desa dilibatkan dalam dinamika politik praktis.

“Maka Ketua APDESI mengingatkan larangan kades terlibat dalam politik praktis juga secara tegas diatur dalam UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa UU desa menyebut kades dilarang membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri kelompok dan keluarga kades dan perangkat desa juga di larang menjadi pengurus partai politik dan dilarang ikut serta pada kampanye Pemilu dan Pilkada,” tandasnya.(dan)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua PGIW Malut Tepis Dukungan ke Paslon TIVA di Pilkada Haltim

Sen Okt 12 , 2020
MABA – Ketua DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Muhammad Kandong mengimbau kepada 102 Kepala Desa (Kades) agar berlaku netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Haltim Tahun 2020. Dia mengatakan, sebagaimana ketentuan yang berlaku kades tidak boleh berpolitik praktis. Ada ancaman […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!