Gakkumdu Bakal Panggil Tim Paslon AMAN Untuk Klarifisikasi

Amru Arfa

TIDORE – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang tergabung dalam Polres Tidore, Kejari Soasio dan Bawaslu Kota Tikep bakal memanggil tim pasangan calon (Paslon) Capt. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen (AMAN).

Rencana pemanggilan untuk dimintai klarifikasi itu, adalah tindaklanjut terhadap permasalahan antara petugas Panwascam Tidore dengan tim Paslon AMAN pada tanggal 26 September 2020 malam lalu.

Dimana pada saat itu ada oknum tim paslon AMAN yang diduga menghalang-halangi tugas pengawasan.

“Atas dasar itulah, tadi kami yang tergabung dalam sentra Gakkumdu membahas tahap I dalam pertemuan itu dan akan ditindaklanjuti dengan memintai keterangan dari berbagai pihak,” ungkap Amru Arfa, Anggota Bawaslu Tikep, Bidang Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Kamis (1/10/2020).

Sesuai agenda yang telah ditetapkan bersama Polres, Kejari dan Bawaslu rencananya tim dari Paslon dimaksud akan dipanggil antara tanggal 2 atau 3 Oktober 2020 nanti.

Amru bilang, sehubungan dengan waktu yang cukup terbatas, atau selama 5 hari dalam penanganan pelanggaran, maka pihaknya akan memanfaatkan waktu tersebut untuk ditingkatkan pada kajian dan pembahasan tatib.

“Untuk nama-nama yang dipanggil nanti, dari Bawaslu masih rahasiakan, nanti kita undang langsung kepada yang bersangkutan, takutnya ada lari keluar,” ucap Amru.

Menurutnya, berdasarkan kejadian pada malam itu dan nama-nama beserta beberapa orang nanti kita akan panggil sebagai saksi.

“Kita masih menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah, maka penting kiranya kita menempatkan posisi mereka sebagai orang yang belum bersalah. Untuk itu, kita undangan mereka dulu sehingga kita tahu apa hasilnya,” kata Amru.

Hal semacam itu tambah Amru, berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 pasal 198a telah menjelaskan, bahwa setiap orang dalam menghalang-halangi penyelenggara dalam melakukan tugas pengawasan maka bisa dipidana.

Berdasarkan pasal tersebut, maka Bawaslu Kota Tidore Kepulauan mengagendakan dengan setra Gakkumdu untuk membahas kasus itu, karena Gakkumdu lebih spesifik mengarah pada pelanggaran pidana.(len)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Astaga..! Hamili Pacar, Oknum Polisi Desak Gugurkan

Kam Okt 1 , 2020
TIDORE – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang tergabung dalam Polres Tidore, Kejari Soasio dan Bawaslu Kota Tikep bakal memanggil tim pasangan calon (Paslon) Capt. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen (AMAN). Rencana pemanggilan untuk dimintai klarifikasi itu, adalah tindaklanjut terhadap permasalahan antara petugas Panwascam Tidore dengan tim Paslon AMAN pada […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!