Jadi Jurkam, Anggota DPRD Wajib Kantongi Izin Cuti

ilustrasi

JAILOLO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mewanti-wanti anggota DPRD yang masuk dalam tim juru kampanye (Jurkam) pemenang pasangan calon di Pilkada Serentak 2020 wajib mengantongi izin cuti.

Selain itu, tidak diperkenankan menggunakan fasilitas Negara, semisal mobil dinas dan fasilitas Negara lainnya selama masa cuti.

Kordiv Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Halbar, Agnosius Datang menjelaskan, larangan ini telah diatur dalam PKPU Nomor 11 tahun 2020 Pasal 63 menyebutkan, Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota, Wakil Wali Kota, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi atau kabupaten/kota, pejabat negara lainnya atau pejabat daerah dapat ikut kegiatan kampanye dengan mengajukan izin cuti kampanye sesuai peraturan perundang-undangan.

Lebih khusus untuk anggota DPRD yang menjadi Jurkam, pengajuan cuti kampanye berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan oleh Pimpinan Dewan, tembusannya disampaikan ke Bawaslu dan KPU sebagai bukti.

BACA JUGA: Izin Kampanye Anggota DPRD Halbar Belum Masuk ke Bawaslu

“Jadi untuk pengajuan surat cuti kampanye bagi anggota DPRD wajib diajukan tiga hari sebelum kegiatan kampanye,” jelasnya, Selasa (29/09/2020).

Pria yang akrab disapa Ongki ini menegaskan lagi, tidak ada pengecualian. Semisal besok akan digelar kampanye baru diajukan, tentunya tidak diperbolehkan, harus tiga hari sebelum kampanye.

“Kalaupun kehadirannya misalkan hanya menyaksikan dari jauh tidak masalah. Tapi kalau jadi Jurkam tentunya tidak boleh. Apalagi ijin cutinya sudah kadaluarsa, tetap akan ditindak tegas,” tegasnya.

Ongki menambahkan, berdasarkan ketentuan bukan hanya anggota DPRD saja akan tetapi, pejabat seperti Bupati atau pejabat Negara lainnya pun wajib cuti lebih dulu, termasuk dilarang untuk menggunakan fasilitas Negara dalam berkampanye. “Sebab dapat berpotensi pada penggunaan kekuasaan dengan tak wajar,” tandasnya.(mg1)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Laporan Awal Dana Kampanye Ketiga Paslon Pilwakot Tikep

Rab Sep 30 , 2020
JAILOLO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mewanti-wanti anggota DPRD yang masuk dalam tim juru kampanye (Jurkam) pemenang pasangan calon di Pilkada Serentak 2020 wajib mengantongi izin cuti. Selain itu, tidak diperkenankan menggunakan fasilitas Negara, semisal mobil dinas dan fasilitas Negara lainnya selama masa cuti. Kordiv […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!