Hari Pertama Kerja, ini Arahan Pjs Bupati Kepsul

Pjs Bupati Kepsul, Idham Umasangadji saat memimpin apel perdana bersama pejabat struktur Eselon II, III dan IV di halaman Kantor Bupati Kepsul. (Foto: Humas Pemda Kepsul)

SANANA – Mengawali tugasnya di hari pertama, Pjs Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) Idham Umasangadji langsung memimpin apel perdana bersama pejabat struktur Eselon II, III dan IV di halaman Kantor Bupati Kepsul, Deda Pohea, Kecamatan Sanana Utara, Rabu (30/09/2020).

Dihadapan peserta apel, Idham menjelaskan beberapa poin tugas yang akan ia jalani selama menjabat sebagai Pjs Bupati. Diantaranya, memastikan berjalannya roda pemerintahan, memelihara keamanan, memfasilitasi berlangsungnya pilkada serentak, menjaga netralitas ASN dan merotasi pejabat atas ijin Kemendagri.

“Membangun koordinasi yang baik dengan unsur forkopimda untuk menjaga stabilitas keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat, dan percepatan pembahasan dan pengesahan APBD 2021,” jelasnya.

Terkait pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada 2020, Idham menegaskan, jenis pelanggaran ini telah direkomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Dalam catatan Bawaslu RI, lanjut Idham, pelanggaran terbanyak ASN yakni dengan memberikan dukungan di media sosial (Medsos) yaitu 130 kasus. Kemudian disusul dengan adanya ASN melakukan pendekatan atau mendaftarkan diri pada salah satu partai politik mencapai 88 kasus.

Olehnya itu, Idham berharap, hal ini tidak terjadi di lingkungan Pemkab Kepsul. Ia juga menekankan, ASN harus bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pillada) tahun ini.

“Seluruh ASN harus berkomitmen untuk tidak terlibat dalam politisasi Pilkada dan tetap bersikap netral. Sebab posisi ASN sudah sangat jelas diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang ASN,” tegasnya.

Idham juga menghimbau, siapapun kepala daerah dan partai politik yang menang Pilkada, ASN harus tetap profesional sebagai abdi Negara. “Dukungan kepada paslon cukup dilakukan di bilik suara pada saat pencoblosan,” tandasnya.

“Apabila dalam praktik keseharian ditemukan adanya ASN yang terbukti melanggar tugas, fungsi dan wewenangnya maka akan ditindak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” sambung Idham.

Diakhir arahannya, Idham berharap, pelaksanaan Pilkada Kepsul dapat terselenggara dengan baik. Setiap tahapan selalu memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Jadwal Kampanye Pilkada Kepsul di Oktober 2020

Rab Sep 30 , 2020
SANANA – Mengawali tugasnya di hari pertama, Pjs Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) Idham Umasangadji langsung memimpin apel perdana bersama pejabat struktur Eselon II, III dan IV di halaman Kantor Bupati Kepsul, Deda Pohea, Kecamatan Sanana Utara, Rabu (30/09/2020). Dihadapan peserta apel, Idham menjelaskan beberapa poin tugas yang akan ia jalani […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!