KPU Mulai Validasi Surat Suara Pilwako Tikep

Proses validasi KPU terhadap Calon Walikota Tikep, Basri Salama di Kelurahan Tosa, Kecamatan Tidore Timur
Proses validasi di kediaman calon Walikota Tikep, Basri Salama, di Kelurahan Tosa, Kecamatan Tidore Timur

TIDORE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) mulai melakukan validasi surat suara untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 9 Desember 2020 mendatang.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Tikep, Abdullah Dahlan didampingi operator KPU Sidalih, Husain Syawal, Selasa (29/09/2020).

Bacaan Lainnya

Validasi dilakukan dengan cara, KPU mendatangi kediaman masing-masing Paslon untuk memastikan spesimen surat suara dalam penulisan nama dan foto tiga Palson yang akan termuat dalam surat suara.

KPU mengawali proses validasi ke Calon Walikota Tikep Basri Salama (Pasalon berakronim BAGUS) di Kelurahan Tosa, Kecamatan Tidore Timur. Kemudian dilanjutkan ke Calon Wakil Walikota Tikep, Muhammad Sinen (Paslon berakronim AMAN) di Kelurahan Rum, Kecamatan Tidore Utara. Selanjutnya KPU menyambangi kediaman Calon Wakil Walikota Tikep, M.Guntur Alting (Paslon berakronim BAGUS) di Kelurahan Mareku, Kecamatan Tidore Utara.

“Dari validasi itu, ketiga calon tersebut menyetujui penulisan nama dan foto yang telah didesain KPU Kota Tidore Kepulauan,” ungkap Abdullah, kepada maluttimes.com usai kegiatan.

Selain ketiganya, kata Abdullah, KPU juga akan memavalidasi nama dan foto calon Walikota Ali Ibrahim (Paslon berakronim AMAN) serta Paslon Salahudin Adrias dan Muhammad Jabir Taha (SALAMAT) yang saat ini masih sibuk berkampanye di zona 3 Kota Tikep.

“Hasil validasi itu selanjutnya dibawa ke KPU RI untuk persiapan cetak (surat suara). Harus segera memasukan desain surat suara ke help desk KPU RI untuk dicetak, sehingga kami mulai melakukan validasi. Hasil validasi itu akan dituangkan dalam berita acara KPU Kota Tidore Kepulauan tentang persetujuan penulisan nama dan foto paslon dalam surat suara,” pungkasnya.(len)

Pos terkait