Puluhan Rumah Warga Desa Linggua Terendam Banjir

Kondisi banjir di Desa Linggua, Kecamatan Loloda, Kebupaten Halmahera Barat
Kondisi banjir di Desa Linggua, Kecamatan Loloda, Kebupaten Halmahera Barat

JAILOLO – Puluhan rumah di Desa Linggua, Kecamatan Loloda, Kebupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, Rabu (23/09/2020) kemarin terendam banjir akibat hujan deras yang melanda wilayah setempat.

Sebagian warga terpaksa harus mengungsi di Gereja lantaran air sungai yang meluap hingga ke pemukiman warga. Bahkan, satu rumah milik Alex Tonjao, warga setempat tertimbun longsor.

Bacaan Lainnya

Kades Linggua, Joni Bobane saat ditemui, Senin (28/09/2020) mengungkapkan, akibat peristiwa tersebut sekitar 58 rumah warga yang terendam banjir, serta satu rumah tertimbun longsor.

Selain itu, mesin lampu milik Desa juga mengalami kerusakan akibat terendam air setinggi paha orang dewasa, serta satu unit mesin laut 40 PK juga ikut rusak.

“Hujan dari pukul 14:00 WIT sampai pagi hari sehingga air bah dari gunung masuk ke pemukiman. Peristiwa ini sudah berulang kali terjadi,” katanya.

Menurut dia, peristiwa ini sudah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halbar. Namun hingga saat ini belum juga ada realisasi bantuan.

“Beberapa hari kemarin saya juga sudah melaporkan ke Pemda Halbar, sehingga diberikan bantuan terutama mesin lampu desa yang mengalami kerusakan, mengingat kondisi kampung juga gelap gulita akibat tidak ada penerangan lampu desa,” ujarnya.

Terpisah, Plt. Kepala BPBD Halbar, Abdullah Ishak saat dikonfirmasi mengaku pihaknya belum terjun kenlokasi. Hal ini disebabkan karena keterbatasan anggaran.

“Yang jelas kalau ada anggaran kita tetap bantu mayarakat yang terkena musibah,” akunya.

Abdullah pun menghimbau kepada masayarakat Halbar agar jangan hanya terlena dengan kondisi Covid-19 tapi waspada juga terkait dengan banjir.

“Jika di lingkungan warga ada kali mati agar diharapkan kepada masyarakat jangan membuang sampah di jurang tersebut tapi buanglah sampah di Tempat pembuangan Sampah (TPA),” imbuhnya.(mg1)

Pos terkait