KPU Haltim Buka 5 Posko Uji Publik DPS

Ahmad A. Fauto

MABA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) membuka sebanyak 5 posko untuk uji publik terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Uji publik ini sebagaimana diatur dalam PKPU 5 tahun 2020 tentang tahapan program dan jadwal, pengumuman dan tanggapan masyarakat dimulai tanggal 19-28 September 2020.

Bacaan Lainnya

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Haltim, Ahmad A. Fauto menjelaskan, dibukanya 5 posko tersebut untuk memaksimalkan pelaksanaan uji publik, yang dipusatkan di Kecamatan Kota Maba, Maba Selatan, Maba, Wasile dan Wasile Timur.

“Uji publik dimaksud untuk mendapatkan respon masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap DPS yang telah diumumkan oleh PPS,” kata Ahmad, Jumat (25/09/2020).

Pada uji publik ini lanjut dia, KPU dibantu oleh PPK dan PPS dan melibatkan semua pihak, mulai dari masyarakat, pengawas pemilihan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), peserta pemilihan dan pihak berkepentingan lainnya untuk mendapatkan masukan dan tanggapan.

“Sehingga Daftar Pemilih yang dihasilkan diharapkan berkualitas. Sebab salah satu wujud pemilihan yang demokratis dimulai dari data pemilih yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Mato sapaan akrab Ahmad Fauto,

Dia pun mengajak agar masyarakat untuk mengecek apakah namanya apakah sudah terdaftar dalam DPS atau belum.

“Masyarakat bisa langsung mengecek melalui aplikasi google dengan mengetik link lindungi hak pilihmu untuk melakukan pengecekan apakah dirinya sudah terdaftar atau belum,” terangnya.(dan)

Pos terkait