Gaji Guru ASN di Maba Utara Mengendap dikantong Camat

ilustrasi
ilustrasi

MABA – Sejumlah guru ASN di Kecamatan Maba Utara, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) mengeluhkan keterlambatan pembayaran gaji yang sudah sering terjadi disetiap bulannya.

Tanpa alasan yang jelas, gaji para Oemar Bakrie ini ditahan oleh Camat Maba Utara, Marten Luter Salama.

Bacaan Lainnya

“Kami guru ASN yang ada di Maba Utara selama ini menerima gaji tidak seperti selayaknya ASN lain karena gaji kami dirapelkan atau dibayarkan dua bulan sekali,” ungkap Syahrul Ismail S,Pd salah satu guru SMP Satap Desa Lolasita, Jumat (25/09/2020).

Seperti halnya untuk gaji bulan ini yang sampai saat ini belum dibayarkan oleh pemerintah Kecamatan Maba Utara.

“Sementara kami ASN di wilayah Maba Utara sangat tersiksa dengan keadaan seperti ini. Apa lagi kami guru-guru sangat memerlukan gaji untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan kegiatan belajar mengajar online,” keluhnya.

Masalah ini pun diakui Syahrul, sudah berulangkali ingin disampaikan ke Camat Marten. Namun, saat dihubungi nomor kontak seluler camat selalu saja tak pernah aktif.

“Untuk itu diharapkan kepada pemerintah daerah agar mendesak camat setempat segera bayar gaji kami dan dibayarkan tepat waktu,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Haltim Beni Sunartman saat dikonfirmasi menjelaskan, memang untuk gaji guru yang ditugaskan di Kecamatan Maba Utara dibayarkan melalui pemerintah kecamatan karena terkendala rentang kendali wilayah.

“Jadi belum dibayarkan tanyakan langsung kepada camatnya,” singkat Beni.(dan)

Pos terkait