Pemda Halbar Pinjam Dana Desa Untuk Syukuran di Loteng

Asdian Taluke

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat, Danny Missy dan rombongan rencananya bakal menggelar acara syukuran untuk pemekaran calon kecamatan baru Loloda Tengah (Loteng) pada, Jumat (18/09/2020).

Acara syukuran yang bakal dipusatkan di Desa Barataku itu menuai kritik berbagai kalangan, lantaran dinilai berbau kepentingan politiknya Danny Missy yang juga kembali mencalonkan diri di Pilkada Halbar 2020 ini.

Salah satu yang mengritik pelaksanaan syukuran tersebut yakni Asdian Taluke, anggota DPRD Halbar dari Dapil III (Ibu – Loloda).

Asdian menilai, lewat acara syukuran itu Danny secara jelas telah membohongi masyarakat di wilayah Loloda. Sebab, wilayah Loteng belum secara sah pemekarannya akibat sejumlah syarat yang belum dilengkapi oleh Pemda Halbar.

“Awalnya yang dijanjikan pemekaran, ini sekarang diubah lagi gelar syukuran. Dimana-mana yang namanya syukuran itu setelah diresmikan. Kalau mau dagangan politik untuk pencitraan itu yang rasional. Jangan menghayal,” cetus Asdian kepada wartawan, Kamis (17/09/2020).

Bahkan mirisnya lagi lanjut Asdian, penganggaran untuk pelaksanaan acara tersebut Pemda Halbar malah meminjam anggaran Dana Desa (DD) dari puluhan desa di wilayah Loloda.

“Saya juga beberapa hari kemarin turun ke desa-desa dan informasi yang disampaikan setiap desa dibebankan melalui dana desa untuk syukuran, nanti setelah acara baru diganti oleh pemda. Sebagain putra asli Loloda saya mengutuk keras soal ini,” tegasnya.

Politisi Partai Gerindra ini juga menanggapi pernyataan Kabag Pemerintahan Setdakab Halbar, Demianus Sidete yang menyebutkan, langkah pemda ini sebagai bentuk persiapan pergeseran pegawai hingga dukungan sarana dan prasarana, sambil menunggu diterbitkan kodefikasi kecamatan. Hal ini menurut Asdian, mestinya dilakukan jauh hari, bukan terkesan tiba saat tiba akal, yang ujung-ujungnya mengejar pencitraan di momentum Pilkada. Apalagi dilain sisi penyiapan fasilitas pendukung hingga saat ini belum tersedia.

“Jadi Kabag Pemerintahan ini juga harus perbanyak baca aturan.Yang pertama harus lihat edaran Kemendagri,” timpalnya.

Asdian juga memastikan, agenda syukuran tersebut bakal menuai aksi protes disertai aksi unjuk rasa berupa penolakan oleh warga. Selain itu, dia juga memastikan Bupati Danny Missy bakal kalah telak di Kecamatan Loloda dalam pertarungan Pilkada 2020 ini.

“Saya pastikan wilayah Loloda kali ini petahana kalah telak. Kali ini dia (Danny, red) jangan bermimpi menang di wilayah Loloda karena masyarakat saat ini sudah jenuh dengan janji-janji manis yang tak kunjung pasti,” tutupnya.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Media, Ruang Menghidupkan Literasi

Kam Sep 17 , 2020
JAILOLO – Bupati Halmahera Barat, Danny Missy dan rombongan rencananya bakal menggelar acara syukuran untuk pemekaran calon kecamatan baru Loloda Tengah (Loteng) pada, Jumat (18/09/2020). Acara syukuran yang bakal dipusatkan di Desa Barataku itu menuai kritik berbagai kalangan, lantaran dinilai berbau kepentingan politiknya Danny Missy yang juga kembali mencalonkan diri […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!