Kejari Halbar Bidik Dugaan Korupsi BOK dan DD

Kantor Kejari Halbar

JAILOLO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Barat (Halbar) membidik dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Dana Desa (DD). Ini berdasarkan dokumen temuan Inspektorat Kabupaten Halbar yang telah diserahkan ke Kejari setempat.

“Ada beberapa temuan dugaan penyalahgunaan Dana BOK 2018, Dana Desa di beberapa desa dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK tahun 2018,” ungkap Salomina Meyke, Kepala Kejari (Kajari) Halbar kepada wartawan, Jumat (11/09/2020) kemarin.

Menurut dia, dokumen tersebut cukup membantu pihaknya untuk menelaah. “Paling utamanya dana BOK di seluruh Puskesmas se-Halbar. Kita akan seriusi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau saat dikonfirmasi membenarkan dokumen yang diserahkan itu ialah, temuan penyalahgunaan Dana BOK tahun 2018 dan penyalahgunaan DD. Seperti di Desa Ulo tahun anggaran 2018-2019, Desa Bobane Dano tahun 2017 serta LHP BPK tahun 2018.

“Memang dari semua temuan baik temuan Inspektorat sendiri maupun temuan BPK sudah ditindaklanjuti dan memberikan waktu kepada pihak terkait untuk menindaklanjuti hasil temuan tersebut,” ujarnya.

Temuan yang diserahkan ke Jaksa karena tidak ada tindaklanjut untuk pengembalian kerugian negara oleh pihak terkait.

“Nanti Kejaksaan yang mengatur. Kalaupun ada perintah untuk pengembalian kerugian oleh Kejaksaan itu ranah mereka. Kalau tidak mau pengembalian maka akan ada proses hukum itu tergantung pihak Kejaksaan. Yang jelas kami (Inspektorat) sudah memberikan waktu selama 60 hari sesuai dengan PP nomor 12 tahun 2017,” jelasnya.

Julius menambahkan, temuan BOK dan DD di dua desa tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

“Kalau untuk BOK hasil temuan Inspektorat kurang lebih Rp 100 juta, sedangkan DD di Desa Ulo tahun 2018-2019 kurang lebih Rp 200 juta dan Desa Bobane Dano tahun 2017 kurang lebih Rp 100 juta,” pungkasnya.(mg1/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPU Halbar Umumkan Hasil Verifikasi Berkas Paslon

Sen Sep 14 , 2020
JAILOLO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Barat (Halbar) membidik dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Dana Desa (DD). Ini berdasarkan dokumen temuan Inspektorat Kabupaten Halbar yang telah diserahkan ke Kejari setempat. “Ada beberapa temuan dugaan penyalahgunaan Dana BOK 2018, Dana Desa di beberapa desa dan Laporan Hasil Pemeriksaan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!