Penetapan Tersangka Korupsi Malaria Center Terkendala Audit BPK

Gedung Malaria Center Kab. Halbar

JAILOLO – Meski sudah memeriksa puluhan saksi-saksi dugaan korupsi anggaran pembangunan gedung Malaria Center Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tahun anggaran 2018, namun penetapan tersangka kasus tersebut masih terkendala dengan belum keluarnya audit kerugian negara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bahkan sebelumnya, tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Halbar berjanji, pemeriksaan para saksi dari kasus ini sudah menemukan titik terang. Dan pemeriksaan saksi-saksi itu untuk memperkuat keterangan dari penyidik dalam kasus ini.

Namun penetapan tersangka itu harus menunggu hasil audit kerugian negara dari BPK. Hal tersebut dibenarkan Kasi Pidsus Kejari Halbar, Galih Martino.

Galih mengatakan, sampai sekarang penyidik masih menunggu perhitungan audit kerugian negara yang sudah dikoordinasikan dengan BPK.

“Memang sebelumnya kami janjikan akan menetapkan tersangka dalam waktu dekat, namun karena hasil perhitungan kerugian negara dari BPK belum juga ada, maka penetapan tersangka juga belum bisa dilakukan,” kata Galih saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (07/09/2020).

Dokumen hasil audit sudah diserahkan ke BPK pada Juli lalu, namun hingga saat ini belum juga ada hasil.

“Jadi sambil menunggu, kami akan kembali melayangkan surat panggilan kepada para saksi guna melengkapi berkas perkara,” ujar Galih.

Ia menambahkan, perhitungan kerugian secara internal melalui saksi ahli sudah dilakukan perhitungan guna dijadikan data pembanding.

“Selain saksi ahli, Kejaksaan Negeri Halbar sudah memeriksa sebanyak 20 orang saksi terkait,” pungkasnya.

Sekedar untun diketahui, dugaan korupsi anggaran pembangunan Malaria Center ini, dalam laporannya diperkirakan kerugian negara sebesar Rp 300 juta dari total anggaran yang diplot dari APBD Halbar tahun 2018 sebesar Rp 2 miliar lebih.(mg1/red)

 

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Empat Kades dan Satu Sekdes di Kepsul Dipanggil Bawaslu

Sel Sep 8 , 2020
JAILOLO – Meski sudah memeriksa puluhan saksi-saksi dugaan korupsi anggaran pembangunan gedung Malaria Center Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tahun anggaran 2018, namun penetapan tersangka kasus tersebut masih terkendala dengan belum keluarnya audit kerugian negara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Bahkan sebelumnya, tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Halbar berjanji, pemeriksaan para saksi […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!