Panwascam Tidore Timur Gencar Sosialisasi Larangan Keterlibatan & Sanksi ASN

TIDORE – Panitai Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tidore Timur gencar melakukan sosialisasi larangan keterlibatan dan sanksi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada serentak Tahun 2020, sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2015.

Kordiv Hukum Panwascam Tidore Timur, Julkifli Muhammad menerangkan, UU tersebut akan disosialisasikan mulai 14 September 2020 nanti di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

“Selain UU Nomor 5 Tahun 2015, ada juga UU Nomor 10 tahun 2016, PP 53 Tahun 2010, PP 42 tahun 2003, SE KASN Surat Menpan-RB dan intruksi Walikota Tidore Kepulauan yang mengatur tentang ASN,” kata Julkifli kepada maluttimes.com, Jumat (04/09/2020).

Menurutnya, sosialisasi merupakan salah satu langkah kongkrit untuk mencegah terjadinya politik praktis di kalangan ASN.

“Kami akan melakukan sosialisasi aturan-aturan tentang Pemilihan Kepala Daerah. Aturan tersebut sebagaimana diatur dalam UU Nomo 10 Tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Tentunya akan dimulai pada tanggal 14 September mendatang,” ujar dia.

Sementara itu, Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwascam Tidore Timur, Haema Ismail menambahkan, pihaknya tetap pada tugas dan fungsi mengawasi tahapan penyelenggara pemilihan di tujuh kelurahan secara profesional proporsional di setiap zona sebagaiamana diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 pada pasal 33.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panwascam Tidore Timur, Rustam Hamisi menghimbau kepada ASN khususnya di Kecamatan Tidore Timur agar tetap mematuhi UU dan Peraturan Pemerintah yang akan disosialisasikan.

“Bukan soal menakuti, namun demi menjaga marwah demokrasi di Kota Tidore Kepulauan tetap berjalan dengan kondusif. Untuk itu, apabila setelah sosialisasi aturan tersebut bila ada ASN yang melawan hukum serta melanggar kode etik pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, kami tindak sesuai aturan yang ada,” tegasnya.(len/pn)

 

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPU Tetapkan DPS Haltim 56.548 Jiwa

Sen Sep 7 , 2020
TIDORE – Panitai Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tidore Timur gencar melakukan sosialisasi larangan keterlibatan dan sanksi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada serentak Tahun 2020, sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2015. Kordiv Hukum Panwascam Tidore Timur, Julkifli Muhammad menerangkan, UU tersebut akan disosialisasikan mulai 14 September […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!