Lima ASN Kota Tikep Diperiksa Panwaslu, ini Hasilnya

TIDORE – Sebanyak lima orang Aparatur Sipil Negara (ASN) diperiksa oleh Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tidore Selatan. Mereka diperiksa terkait keterlibatan hadir dalam pertemuan bersama tim pemenang bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

Kelima ASN itu, empat mengikuti pertemuan dengan tim pasangan bakal calon AMAN (Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen) di Kelurahan Toloa pada 16 Agustus 2020. Mereka masing-masing JY alias Jamila, SS alias Norma, SF alias Suryani dan SM alias Salbi di tanggal 16 Agustus 2020.

Sementara, satu ASN lainnya yaitu MR alias Mahmud dilaporkan mengikuti pertemuan bersama tim pemenangan pasangan bakal calon SALAMAT di kediaman bakal calon Wali Kota Tikep Salahudin Adrias di Kelurahan Toloa pada tanggal 19 Agustus 2020.

“Kami panggil untuk meminta klarifikasi atas laporan tersebut, dikaranakan ada ASN yang dalam pertemuan itu melakukan foto bersama dengan balon Wali Kota Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Tikep Muhammad Sinen di kelurahan Toloa, kecamatan Tidore Selatan,” ungkap Ketua Panwaslu Kecamatan Tidore Selatan, Ibnu Gandy saat ditemui maluttimes.com, Minggu (30/8/2020).

Ibnu mengatakan, untuk empat ASN itu dalam keterangan klarifikasinya mengaku melakukan foto bersama dan selfie dengan bakal calon Wakil Wali Kota Tikep Muhammad Sinen di lokasi acara.

“Mereka bukan hanya foto bersama, namun mereka menyebarkan melalui media sosial serta foto pada berita media online,” katanya.

Sedangkan MR alias Mahmud, kata Ibnu, ia sempat terlibat adu argumentasi dengan tim pemeriksa dari Panwaslu setempat.

“Siapa yang bilang kalau ASN tidak bisa memilih dan memihak. ASN itu bisa memilih dan memihak kepada siapa bakal calon, karena sebagai warga Negara Indonesia bebas memilih dan memihak dimana saja dan kepada siapa saja,” ujar Ibnu, mengulang kalimat MR yang disampaikan saat dimintai klarifikasi.

Atas perdebatan itu, perbuatan MR diduga kuat mengandung unsur ketidaknetralitas ASN dan keberpihakan ASN kepada salah satu bakal calon.

“Pandangan kami Panwaslu Tidore Selatan, kelima orang ASN tersebut telah melanggar PP nomor 53 Tahun 2020 Tentang Disiplin Negeri Sipil, PP nomor 42 Tahun 2014 Tentang Pembinaan Jiwa Korps Kode Etik PNS dan undang- undang Nomor 5 Tahun 2014,” cetusnya.(len)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Diperiksa Bawaslu Tikep, Oknum ASN Pemprov Malut Memilih Diam

Sen Agu 31 , 2020
TIDORE – Sebanyak lima orang Aparatur Sipil Negara (ASN) diperiksa oleh Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tidore Selatan. Mereka diperiksa terkait keterlibatan hadir dalam pertemuan bersama tim pemenang bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Kelima ASN itu, empat mengikuti pertemuan dengan tim pasangan bakal calon […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!