Sebar Foto SALAMAT di Grup WA, Oknum ASN Pemprov Malut diproses Bawaslu

Amru Arfa

TIDORE – Laporan dugaan pelanggaran kode etik Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) kian bertambah.

Kali ini, melibatkan seorang oknum ASN dilingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) berinisial IA alias Iksan.

Iksan dilaporkan atas dugaan penyebaran foto kandidat SALAMAT, akronim dari Salahudin Adrias dan Muhammad Djabir Taha yang merupakan pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tikep ke grup WhatsApp (WA) Mitra Pers Tidore dan grup Joung Café.

Koordinator Hukum dan Penindakan Bawaslu Kota Tikep, Amru Arfa menyebutkan, laporan tersebut diterima pihaknya dari tim hukum bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen (AMAN) pada tanggal 25 Agustus 2020 lalu.

“Terkait dengan foto yang disebarkan oleh ASN tersebut, kami dari pimpinan Bawaslu akan melakukan rapat pleno di tingkat pimpinan dengan dugaan kasus politik praktis kemudian disepakati untuk melakukan register dengan nomor : 07/LP/PW/Kota/3202/2020,” kata Amru, Jumat (28/8/2020).

Menurut Amru, berdasarkan laporan mereka peroleh kasus tersebut dianggap memenuhi syarat formil materiilnya untuk ditindaklanjuti.

“Dugaan kasus itu akan diregister maka argo 3 plus 2 sudah berjalan. Artinya, kasus ini akan ditangani selama lima hari, dan dalam lima hari itu kita akan panggil sejumlah saksi, baik terlapor maupun pelapor demi dimintai keterangan,” katanya.

Jangankan membagi foto, Amru bilang, bahkan hanya dengan memberi like maupun berkomentar pada kolom status sosial media pun dilarang, bila itu ada kaitannya dengan pasangan calon kepala daerah.

“Dia (Iksan) sudah pernah dipanggil sebanyak dua kali, diantara dari Panwaslu Kecamatan Tidore tetapi dia tidak hadir. Oleh karenanya, tetap saja akan ditindaklanjuti ke KASN dan itu tergantung KASN, sebab kita tidak punya kewenangan untuk mengeksekusi,” tandasnya.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiga SKPD Halbar Belum Masukkan SPJ Covid, Julius: Kalau Ada Temuan Kita Audit

Jum Agu 28 , 2020
TIDORE – Laporan dugaan pelanggaran kode etik Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) kian bertambah. Kali ini, melibatkan seorang oknum ASN dilingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) berinisial IA alias Iksan. Iksan dilaporkan atas dugaan penyebaran foto kandidat SALAMAT, akronim […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!