BKP Kelas II Ternate Sosialisasi Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan di Halbar

Kepala BKP Kelas II Ternate, Yusup Pattiroy

JAILOLO – Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate menggelar sosialisasi Undang-undang Nomor 21 Tahun 2019 di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Sosialisasi berlangsung di Aula Baikole Kantor Bupati Halbar, Kamis (27/8/2020).

UU itu berkaitan tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan perubahan atas UU Nomor 16 Tahun 1992 dan dihadiri para stakeholder, instansi terkait Pemkab Halbar serta pelaku usaha pertanian di wilayah Halbar.

Selain sosialisasi, BKP Kelas II Ternate bersama Pemda Halbar juga melakukan pemusnahan enam ekor unggas illegal asal Manado, Sulawesi Utara yang diamankan karena tidak memiliki dokumen. Pemusnahan berlangsung di halaman depan kantor Bupati Halbar.

Kepala BKP Kelas II Ternate, Yusup Pattiroy saat ditemui wartawan usai sosialisasi mengatakan, sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk informasi yang mutakhir dan pemahaman regulasi kepada pemangku kepentingan dan instansi mitra karantina di Maluku Utara. Dan juga sebagai forum konsultasi publik untuk menemukan kembali serta menyelesaikan masalah dan tantangan karantina saat ini.

“Ini dilakukan dalam kaitan tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Berdasarkan UU No 21 tahun 2019 itu bahwa setiap media pembawa khususnya unggas dari luar Maluku Utara harus dilengkapi dokumen karantina. Kalau tidak dilengkapi dan tidak ada pemiliknya yang mengaku atau tidak sesuai dengan aturannya maka harus dimusnahkan,” katanya.

Lanjut Yusup, pemusnahan itu dilakukan dalam rangka menjaga wilayah Maluku Utara agar tetap terbebas dari flu burung.

“Salah satu penyakit yang belum ada di Maluku Utara adalah flu burung. Sehingga ini salah satu upaya untuk menjaga Malut ini tetap bebas dari flu burung,” cetusnya.

Yusup berharap, setelah sosialisasi ini semua masyarakat di Halbar bisa memahami tugas dan fungsi karantina.

“Saya berharap kedepannya masyarakat Halbar pada umumnya sudah bisa memahami bahwa, kami dari balai karantina memiliki fungsi dan tugas sehingga kedepan kasus-kasus seperti ini tidak terjadi lagi,” harapnya.(mg1/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Covid-19 Hambat Sejumlah Proyek APBN di Haltim

Jum Agu 28 , 2020
JAILOLO – Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate menggelar sosialisasi Undang-undang Nomor 21 Tahun 2019 di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Sosialisasi berlangsung di Aula Baikole Kantor Bupati Halbar, Kamis (27/8/2020). UU itu berkaitan tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. Kegiatan sosialisasi ini merupakan perubahan atas UU Nomor 16 Tahun […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!