DPRD Tikep Ungkap Kendala Utama Sail Tidore 2021

Mochtar Djumati

TIDORE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) memastikan bakal mendukung pelaksanaan event Sail Tidore yang rencananya dihelat pada 2021 mendatang.

Event besar yang menargetkan promosi wisata Kota Tikep itu, dipastikan juga bakal menelan anggaran yang tak sedikit. Terutama untuk anggaran penataan pusat kegiatan Sail Tidore 2021 maupun sejumlah spot wisata yang ada di Tikep.

Wakil Ketua II DPRD Kota Tikep, Mochtar Djumati menuturkan, persoalan anggaran adalah kendala utama dalam event ini.

Menurutnya, kendala tersebut membuat DPRD Tikep harus lebih giat mendorong dukungan anggaran dari APBD Tikep, APBD Provinsi Maluku Utara, maupun APBN.

“Maksudnya, kita punya uang terlalu sedikit, sementara target belanja terlalu besar, makanya kita akan mendukung Pemerintah Provinsi serta menggunakan APBN dalam kesempatan saat ini,” ungkap Mochtar kepada Malut Times, Senin (24/8/2020).

Menurut dia, jelang Sail Tidore, penataan objek wisata Pantai Tugulufa perlu dipersiapkan. Demikian pula edukasi pada warga yang kelak rumahnya dipakai sementara untuk dijadikan home stay wisatawan Sail Tidore.

“Kalau penataan kawasan, kita dorong menggunakan skala besar, seperti kawasan di seputar pantai Tugulufa maupun di Kelurahan Rum. Bukan hanya di Tugulufa, tetapi diambil dari Kotamabopo sampai seterusnya,” terangnya.

Melalui event Sail Tidore ini lanjut Mochtar, perlu didukung event-event lokal agar ada dampak yang menjadi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat.

“Saya usulkan ada event lokal yang perlu ditampilkan demi memicu para peserta GMNC (Global Network of Magellan Cities) ketika berada di Tidore,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Tikep, Yakub Husain menuturkan, Sail Tidore adalah kesempatan emas dalam mendorong kunjungan wisata yang tentunya berdampak pada peningkatan perekonomian di Kota Tikep.

“Siap tidak siap, Sail Tidore harus dilaksanakan karena itu merupakan peluang emas bagi Kota Tidore. Karena hubungan sejarah antara Sevilla dan Tidore untuk itu kegiatan ini harus terlaksana. Untuk itu, kepada seluruh elemen masyarakat harus berpartisipasi dalam menyambut Sail Tidore 2021,” jelasnya.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemilik Ternak Sapi yang Tak Patuh, Siap-siap Dieksekusi

Sel Agu 25 , 2020
TIDORE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) memastikan bakal mendukung pelaksanaan event Sail Tidore yang rencananya dihelat pada 2021 mendatang. Event besar yang menargetkan promosi wisata Kota Tikep itu, dipastikan juga bakal menelan anggaran yang tak sedikit. Terutama untuk anggaran penataan pusat kegiatan Sail Tidore 2021 […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!