Bupati Haltim Resmikan Pabrik Pakan, Alien Mus Bagi Bantuan Alat Pertanian

WASILE – Bupati Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muh Din Ma’bud pada, Selasa (25/08/2020) meresmikan bangunan pabrik pakan ternak milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Wasile dan Wasile Timur.

Pabrik pakan ternak dengan kapasitas produksi 20-50 ton per hari, itu diharapkan dapat meningkatkan produksi peternakan di wilayah Haltim, baik untuk produksi ayam petelur dan ayam potong.

Bahkan, targetnya peningkatan produksi peternakan ini diharap bisa memenuhi kebutuhan pasar Maluku Utara sehingga tidak perlu lagi impor dari daerah lain di luar Maluku Utara.

“Saya berharap kebutuhan pangan di Haltim bisa terpenuhi dengan adanya pengembangan pertanian dan perternakan di kawasan transmigrasi,” kata Muh Din dalam sambutannya dihadapan para petani dan pejabat yang hadir di acara peresmian itu.

Muh Din bilang, kedepan ada lima kawasan transmigrasi di Haltim yang bukan saja hanya fokus pada pengembangan pertanian, melainkan juga pada sektor peternakan dan budidaya perikanan.

“Untuk itu apa yang sudah dilakukan Gapoktan di Wasile Timur dan Wasile ini diharapkan jadi contoh bagi Gapoktan lain di wilayah kawasan transmigrasi Kecamatan Maba Tengah, Maba Utara dan Wasile Selatan,” pintanya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Bupati Muh Din juga menyaksikan penyerahan bantuan dari Anggota DPR-RI, Komisi IV Dapil Maluku Utara, Alien Mus.

Wakil Rakyat dari Partai Golkar itu menyerahkan bantuan ratusan alat pertanian berbagai jenis, diantaranya, traktor roda empat 5 unit, hand tractor 25 unit, rice transplanter 3 unit, pompa air 30 unit dan hand sprayer 28 unit.

Bantuan peralatan pertanian itu diserahkan kepada 30 Gapoktan yang ada di Wasile dan Wasile Timur.

Tidak hanya itu, bantuan aspirasi dari Kementerian Pertanian RI, berupa uang tunai untuk 7 kelompok ternak Wasile dan Wasile Timur juga diserahkan.

Masing-masing kelompok dapat Rp 200 juta serta bantuan Rp 50 juta per kelompok untuk 6 kelompok dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, begitu juga bantuan dari Kementerian PUPR sebesar Rp 195 juta per kelompok MP3A di Wasile dan Wasile Timur.(dan/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lagi, Ratusan Liter Cap Tikus Diamankan Polsek Maba Selatan

Sel Agu 25 , 2020
WASILE – Bupati Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muh Din Ma’bud pada, Selasa (25/08/2020) meresmikan bangunan pabrik pakan ternak milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Wasile dan Wasile Timur. Pabrik pakan ternak dengan kapasitas produksi 20-50 ton per hari, itu diharapkan dapat meningkatkan produksi peternakan di wilayah Haltim, baik untuk […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!