Berlakukan Sekolah Daring, Ortu Siswa Minta Pemda Kepsul Fasilitasi WiFi Gratis

ilustrasi

SANANA – Pemberlakuan sekolah dalam jaringan (Daring) sebagai pengganti proses belajar mengajar secara tatap muka antara guru dan siswa, nampaknya menjadi beban tersendiri bagi orang tua (ortu) siswa di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara.

Bagi ortu siswa, ada baiknya juga proses belajar mengajar ini dialihkan secara daring untuk memutus mata rantai wabah Covid-19. Namun dilain sisi, ortu siswa terutama yang kurang mampu akan terbebani dengan pengisian pulsa data internet setiap kali anaknya mengikuti proses belajar.

“Dulu kita hanya tau beli seragam anak-anak, mulai pakaian sekolah, buku alat tulis,” ungkap, Aina salah satu wali murid, Sabtu (15/08/2020).

Menurut Aina, dengan kondisi perekonomian yang kian terpuruk di tengah wabah Covid-19 ini, maka baiknya Pemerintah Daerah (Pemda) Kepsul memfasilitasi jaringan internet seperti WiFi gratis, untuk siswa yang belajar secara daring.

 

“Saya berharap Pemkab kasih sedia Wi-Fi gratis,” pinta Aina.

Lanjut Aina, apalagi belum lama ini dirinya pernah menonton siaran berita di salah satu TV swasta yang memuat statemen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Nadiem Makarim yang menginstruksikan bahwa anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dibolehkan untuk belanja pulsa internet bagi kebutuhan proses belajar mengajar.

“Kalo memang statemen Kemendikbud itu betul, Kepala Dinas Pendidikan Kepsul segera terapkan di Kepsul,” tutup Aina.

Sementara itu mengenai hal ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Kepsul, Ishak Umamit hingga berita ini ditayangkan belum dapat dikonfirmasi wartawan.

Sekadar diketahui, Kemendikbud belum lama ini telah menetapkan agar anggaran BOS bisa dibelanjakan untuk pulsa internet guru dan siswa ditengah masa pandemi Covid-19.

Statemen ini ditetapkan dengan Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020, perubahan atas Permendikbud nomor 8 tahun 2019.(red)

 

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kepala DPMD Kepsul 'Alergi' Wartawan

Sab Agu 15 , 2020
SANANA – Pemberlakuan sekolah dalam jaringan (Daring) sebagai pengganti proses belajar mengajar secara tatap muka antara guru dan siswa, nampaknya menjadi beban tersendiri bagi orang tua (ortu) siswa di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara. Bagi ortu siswa, ada baiknya juga proses belajar mengajar ini dialihkan secara daring untuk […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!