KPU Tikep Sosialisasikan Syarat Pencalonan Kepala Daerah

TIDORE – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melakukan sosialisasi syarat calon dan persyaratan pencalonan bagi bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dari jalur partai politik yang akan mengikuti Pilkada Tikep pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Tikep, Abdullah Dahlan menyampaikan, peserta dalam kegiatan ini berasal dari unsur partai politik, dokter, insan pers dan Muspida seperti Kepolisian dan TNI.

Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting diketahui oleh Parpol yang akan mengusung bakal pasangan calon.

“Adapun syarat calon wali kota dan wakil wali kota sebagaimana tertuang dalam PKPU No 1 Tahun 2020 sebanyak 19 syarat, yang salah satu syaratnya yaitu bakal calon berpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat,” jelas Abdullah, Selasa (11/08/2020).

Untuk syarat usia, para calon harus berusia minimal 25 tahun terhitung sejak penetapan pasangan calon. Dengan secara jelas, syarat calon tertera dalam pasal 4 PKPU Nomor 1 Tahun 2020.

Sementara Komisioner KPU Kota Tikep, Abdulharis Doa menambahkan, dalam syarat pencalonan harus diusung partai politik atau gabungan partai politik yang memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi di DPRD, atau bisa menggunakan 25 persen dari akumulasi suara sah dalam pemilihan DPRD terakhir.

“Yang menggunakan 25 persen suara sah hanya berlaku bagi partai politik yang memperoleh kursi di DPRD,” ungkapnya.

Ditambahkan pula oleh Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Tikep, Ismail Idris bahwa para bakal calon pun diwajibkan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“LHKPN juga menjadi syarat calon dalam pemilihan 2020 jadi harus dipenuhi,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, KPU Tikep juga mengajak parpol, instansi terkait maupun masyarakat Kota Tikep, bisa mengunjungi wadah informasi KPU Kota Tikep terkait informasi tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tikep 2020 atau bisa mengunjungi website media social, Media Center, PPID dan rumah pintar KPU Kota Tikep.

Seluruh pihak yang berkepentingan dalam Pilkada juga diharapkan patuh pada protokol kesehatan dalam situasi pandemi covid-19. Sebagaimana prosedur ini telah tertuang dalam PKPU nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemiliha serentak lanjutan dalam kondisi benacan non alam.

Sementara untuk tahapan pendaftaran calon akan dibuka mulai 4 – 6 September 2020, dan penetapan pada 23 September 2020.(len/red)

 

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bobo Jadi Kampung Sadar Pemilu

Kam Agu 13 , 2020
TIDORE – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melakukan sosialisasi syarat calon dan persyaratan pencalonan bagi bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dari jalur partai politik yang akan mengikuti Pilkada Tikep pada 9 Desember 2020 mendatang. Ketua KPU Tikep, Abdullah Dahlan menyampaikan, peserta dalam kegiatan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!