KPU Tikep Mulai Rekap Data Pemilih

TIDORE – KPU Kota Tidore Kepulauan (Tikep) mulai melaksanakan tahapan rekapitulasi data hasil pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih pada Pilkada Kota Tikep.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Kota Tikep Abdullah Dahlan mengatakan, untuk tahapan coklit data pemilih di Kota Tikep terselesaikan lebih awal dari jadwal, sehingga tahapan selanjutnya berupa rekapitulasi pemuktahiran data sudah bisa dilakukan.

“Seluruh daftar pemilih Kota Tidore telah dicoklit, namun untuk saat ini kami turun melakukan perekapan,” kata Abdullah, Senin (10/8/2020).

Sementara itu operator Sidalih KPU Kota Tikep,  Husain Syawal, perekapan hasil coklit data pemilih Kota Tikep di tingkat PPS maupun PPK kini didamping langsung pihak KPU Tikep.

“Kalau data pemutakhiran data pemilih mulai  dilakukan dari 4 – 7 Agustus 2020 dan kami damping di empat Kecamatan di daratan Oba dari tanggal 4-6 Agustus 2020, sedangkan di empat kecamatan di Pulau Tidore di mulai dari Mare dan Maitara dilakukan  pada tanggal 7 Agustus 2020,” ungkap Husain.

Lebih lanjut, Chaken menjelaskan, terkait dengan data coklit akan dituangkan di dalam formulir model A.B.KWK dan selanjutnya direkap dalam formulir model A.B.1.KWK di tinggkat PPS dan akan direkap ditingkat PPK kemudian dituangkan dalam model A.B.2.KWK.

“Dari data hasil pemutakhiran di tingkat kecamatan akan selanjutnya diserahkan ke KPU untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS),” katanya.

Sementara ditambahkan Kordiv Data KPU Kota Tikep Amirudin Ais, berkaitan dengan daftar pemilih sementara diharapkan agar masyarakat ikut mengecek statusnya, apakah terdaftar sebagai pemilih atau belum melalui website lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

“Daftar pemilih (A.KWK) Kota Tikep yang dicoklit sebanyak 78.324 jiwa yang tersebar di 8 kecamatan dan 89 kelurahan Desa,” tandasnya.(len/red)

 

Pos terkait