Paskibraka Upacara 17 Agustus 2020 Hanya Tiga Orang

Seketaris Dispora Kota Tikep, Umar Zen
Seketaris Dispora Kota Tikep, Umar Zen

TIDORE – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 nanti akan tetap dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Provinsi Maluku Utara (Malut) meskipun kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir. Kendati demikian, upacara peringatan tersebut akan digelar dengan peserta yang terbatas.

Seketaris Dinas Pemuda dan dan Olahraga (Dispora) Kota Tikep, Umar Zen mengatakan, jumlah total peserta paskibraka sebanyak enam orang, dibagi menjadi dua kelompok yakni tiga orang saat kenaikan bendera, dan tiga orang lagi untuk penurunan bendara.

Bacaan Lainnya

“Semua delapan orang, tetapi duanya adalah cadangan. Bagitu pula tanggungjawabnya bukan lagi berada di Dispora tetapu sudah diserahkan kepada panitia Paskibraka Kota Tikep yang diketuai oleh Jamaludin Badar dan Sekretaris Panitia Udin Faruk,” kata Umar Zen, kepada maluttimes.com, Selasa (04/08/2020).

Umar bilang, sebelumnya peserta Paskibraka yang sudah dilatih sebanyak 45 orang tetapi tidak lagi dipakai. Disebabkan karena anggaran telah dialihkan ke penanganan Covid-19.

“Karena anggaran yang besar di Dispora itu hanya pada Paskibrak dan Popda. Jadi torang serahkan kepada Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tikep untuk memilih peserta yang dilatih kemarin untuk menjadikan pasukan pengibar bendera di tanggal 17 Agustus 2020 nanti,” ujarnya.

Umar menambahkan, berdasarkan surat dari panitia Paskibraka, upacara nanti tiap OPD diwakili oleh empat orang.

“Jadi pegawai pagi itu diantaranya putra dan putrid. Begitu juga pada upacara penurunan bendera di sore hari. Sedangkan untuk eslon II, dikhusukan kepada kepala Dinas dan sekretarisnya saja,” pungkasnya.(len/red)

Pos terkait