Kades Gamnyial Bersama Warga Buka Akses Jalan Tani

Kades Gamnyial, Leonardo Kotta

JAILOLO – Kepala Desa Gamnyial, Kecamatan Sahu Timur, Kabupaten Halmahera Barat, Leonardo Kotta bersama warganya membuka akses jalan tani.

Jalan tani sepanjang 3 kilometer itu dibangun secara swadaya menggunakan anggaran Dana Desa (DD) ditambah dana partisipasi dari warga mulai pertengahan Juli 2020 lalu.

Menurut Leonardo, pembukaan akses jalan tersebut menelan anggaran sekitar Rp 200 juta. Total anggaran ini sudah termasuk partisipasi dari warga.

“Untuk dana desa tidak cukup, jadi ada swadaya masyarakat lagi yang sumbang harga rokok, bahan bakar minyak dan makan minum,” jelas Leonardo, Selasa (04/08/2020).

Kades yang juga mantan wartawan ini menuturkan, akses jalan ini sangat dibutuhkan karena mayoritas warga di Desa Gamnyial bekerja sebagai petani.

“Rata-rata masyarakat Gamnyial adalah petani dan kebun sangat jauh dari kampung, jadi harus buka jalan tani supaya masyarakat bisa tanam padi, jagung, pala, kelapa, cengkeh, pisang, kasbi dan dan lain lain,” timpalnya.

Pria yang akrab disapa Leo ini menambahkan, di tahun 2021 nanti, akses jalan tani yang kini progresnya mencapai 70 persen itu akan ditingkatkan menjadi jalan sirtu.

“Rencana tahun depan anggaran tambah 100 juta. Dua tahun jalan tani tuntas 3 kilometer dan ada rencana sirtu,” tandasnya.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Warga 6 Desa di Sahu Timur Segera Nikmati Air Bersih

Sel Agu 4 , 2020
JAILOLO – Kepala Desa Gamnyial, Kecamatan Sahu Timur, Kabupaten Halmahera Barat, Leonardo Kotta bersama warganya membuka akses jalan tani. Jalan tani sepanjang 3 kilometer itu dibangun secara swadaya menggunakan anggaran Dana Desa (DD) ditambah dana partisipasi dari warga mulai pertengahan Juli 2020 lalu. Menurut Leonardo, pembukaan akses jalan tersebut menelan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!