Qurban Pemkab Kepsul ‘dipangkas’ Gegara Covid-19

Kabag Kesra Kepsul, Haryono Subiyanto

SANANA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sula (Kepsul) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mengakui adanya pengurangan jatah hewan qurban dari pemerintah pada Idul Adha tahun 2020 ini.

Penurunan ini disebabkan karena adanya relokasi dan refukusen anggaran dalam hal penanganan pandemi Covid-19 di Kepsul.

“Untuk jumlah hewan kurban yang akan disembelih pada Idul Adha 1441 Hijriyah tahun ini 10 ekor. Terjadi penurunan dibanding dengan tahun kemarin 15 ekor,” ungkap Haryono Subiyanto, Kabag Kesra Setda Kabupaten Kepsul ketika dikonfirmasi maluttimes.com di kantor Bupati Kepsul, Selasa (28/7/2020).

Meski dari pemerintah terjadi pengurangan lanjut Haryono, Bupati Kepsul Hendrata Thes secara pribadi juga ikut menyumbang 10 ekor sapi begitu pula Ketua DPRD Kepsul yang menyumbang 9 ekor sapi.

BACA JUGA: Pemkab Kepsul Perketat Protokol Covid-19 Untuk Shalat Ied

Ada juga sejumlah OPD, lembaga maupun ormas juga telah melaporkan ke Panitia PHBI. Secara total jumlah hewan kurban akan dibacakan pada pelaksanaan shalat ied Idul Adha yang terpusat di Masjid Al-Istiqomah, Desa Falahu, Kecamatan Sanana.

“Diantaranya yang sudah melaporkan datanya ada NU 2 ekor sapi, IKA PMII 2 ekor sapi, GP Ansor 2 ekor kambing dan juga Komunitas Guru Indonesia Mengajar dan ada yang lainnya,” ungkap Haryono sembari memperkirakan total jumlah hewan kurban bisa mencapai 40.

Sementara itu terkait jaminan kesehatan hewan kurban, kata Haryono, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Bidang Peternakan.

“Pengecekan kesehatan tetap kita laksanakan, tetapi prosedur tesnya kita gak tau karena prosedurnya gak sama dengan tes kesehatan manusia,” pungkasnya.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Kepsul Perketat Protokol Covid-19 Untuk Shalat Ied

Sel Jul 28 , 2020
SANANA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sula (Kepsul) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mengakui adanya pengurangan jatah hewan qurban dari pemerintah pada Idul Adha tahun 2020 ini. Penurunan ini disebabkan karena adanya relokasi dan refukusen anggaran dalam hal penanganan pandemi Covid-19 di Kepsul. “Untuk jumlah hewan kurban yang akan disembelih […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!