Pemkab Kepsul Perketat Protokol Covid-19 Untuk Shalat Ied

Kabag Kesra Kepsul, Haryono Subiyanto

SANANA – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) telah menetapkan tempat pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 Hijriah pada 31 Juli 2020 terpusat di Masjid Al-Istiqomah (Masjid Agung Sanana) Desa Falahu, Kecamatan Sanana.

Meski begitu, ditengah wabah pandemi Covid-19 ini pemerintah tetap memberlakukan pembatasan tertentu dan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Bacaan Lainnya

“Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 maka pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol Covid-19 dengan cara, pakai masker, cek suhu tubuh, sendhatizer dan cuci tangan,” kata Haryono Subiyanto, Kabag Kesra Setda Kabupaten Kepsul ketika dikonfirmasi maluttimea.com, Selasa (28/7/2020).

Haryono bilang, biasanya kalau dalam kondisi normal, masjid di Desa Falahu, Fatce, Fagudu dan Mangon ditutup dan pelaksanaan shalat dipusatkan di Masjid Raya Sanana.

BACA JUGA: Qurban Pemkab Kepsul ‘dipangkas’ Gegara Covid-19

Akan tetapi, mengingat harus ada jaga jarak maka masjid agung dibuka dan seluruh masjid-masjid yang ada di desa juga dibuka.

“Untuk mengurangi kerumunan massa maka, pelaksanaan shalat Idul Adha dilaksanakan seperti Idul Fitri kemarin di Masjid Agung (Masjid Raya Sanana) dan di masjid-masjid di desa juga dilaksanakan,” ujar Haryono.

Sedangkan protokol jaga jarak dalam pelaksanaan shalat akan disesuaikan. “Yang penting ada jarak sedikit. Terlalu lebar juga memicu. Artinya walaupun kita mematuhi protokol kesehatan tetapi protokol syariat juga tetap kita (jalankan),” cetusnya.

Haryono menambahkan, terkait jaga jarak dalam shalat telah dibahas dalam rapat bersama dengan MUI Kepsul, perwakilan NU Kepsul, Muhammadiyah, Perwakilan Ormas Islam serta Kanwil Kemenag Kepsul.

“Kemenag juga sudah buat edarannya,” pungkasnya.(red)

Pos terkait