Heboh…!!! Mengaku Sultan dan Minta Kedaton Jailolo dikosongkan, Amar Ma’ruf Diamuk Warga

JAILOLO – Kedaton Kesultanan Jailolo di Desa Soakonora, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Senin (27/07/2020) siang, dibuat heboh dengan ulah salah seorang pria yang diketahui bernama Amar Ma’ruf.

Didampingi salah seorang warga bernama Awat Lolori,
Amar yang diterima baik-baik untuk bertemu Sultan Jailolo Ahmad Sjah malah mengaku bila dirinya adalah Sultan Jailolo yang sah.

Dihadapan Sultan Ahmad Sjah, Amar bahkan meminta agar Sultan beserta keluarga dan perangkat adatnya untuk segera mengosongkan Kedaton Kesultanan Jailolo karena dirinya akan dilantik menjadi Sultan.

Tak tanggung-tanggung, dirinya bahkan mengaku akan dilantik langsung oleh Raja Saudi Arabia, Salman bin Abdulaziz al-Saud dalam waktu dekat ini.

Melalui jurubicara-nya yakni Awat Lolori, Amar juga mengaku telah diberi surat wasiat yang ditandatangani oleh mendiang Sultan Jailolo, Abdullah Sjah terkait harta peninggalan Kesultanan Jailolo yang ada di Manado. Kata Awat, dirinya sendiri adalah saksi atas pemberian surat wasiat itu semasa menjabat sebagai Tulilamo Kesultanan Jailolo.

“Dan juga keterangan surat tersebut juga memberikan hak ahli waris oleh kepada Amar Maruf, saya sebagai saksi pada saat itu,” ungkap Awat kepada Sultan Ahmad Sjah dalam pertemuan tersebut.

Sementara itu, beberapa pernyataan Amar bersama Awat yang dianggap nyeleneh ini sontak membuat perangkat adat yang menyimak pertemuan tersebut naik pitam dan langsung mengeroyok Amar.

Amar dipukuli dengan kursi lipat besi, oleh dua orang perangkat adat. Meski begitu Amar tidak tinggal diam dan balik memukul.

Beruntung aksi baku hantam antara Amar dengan beberapa orang perangkat adat itu dilerai oleh petugas polisi dari Polres Halmahera Barat yang langsung mengamankan Amar dan Awat keluar dari Kedaton Jailolo.

Sultan Jailolo, Ahmad Sjah yang dikonfirmasi usai insiden itu mengatakan, kedatangan kedua orang tersebut sebelumnya tanpa ada pemberitahuan. Putera Sulung dari mendiang Sultan Jailolo Abdullah Sjah ini mengaku memberikan kesempatan kepada keduanya untuk memaparkan terkait surat wasiat tersebut, namun yang menjadi pemicu masalah hingga adanya pemukulan dari perangkat adat yakni ketika Amar meminta agar kedaton segera dikosongkan.

“Jadi kalau mereka persoalkan soal harta Kesultanan Jailolo yang ada di dua gunung di Manado menjadi hak mereka ya silakan saja urus sesuai aturan di Manado, tetapi tiba-tiba mengusir saya untuk mengosongkan keraton karena nanti ada pelantikan Sultan baru ini kan tidak masuk akal,” ujar Sultan dengan nada kesal.

Sultan juga mengatakan, dirinya akan meninggalkan kedaton apabila proses pelantikan bagi yang mengaku Sultan baru melibatkan seluruh perangkat adat yang berada di seluruh Halmahera Barat.

“Karena itu prosedur dalam adat se istiadat Kesultanan Jailolo, bukan datang lalu bilang bahwa saya ahli waris di kerajaan ini dan menyuruh kami kosongkan kedaton, bukan dengan cara begitu,” tegasnya mengakhiri.

Sementara itu, sebelumnya Amar Ma’ruf diduga pernah menipu warga di Halmahera Barat dan pihak Kesultanan Jailolo bila dirinya memiliki keris peninggalan Sultan Jailolo yang didapatkan melalui makam Presiden Soekarno.

Salah satu perangkat adat di Kedaton Jailolo yang enggan namanya diberitakan mengatakan bahwa Amar Ma’ruf yang pernah menjabat sebagai salah satu perangkat adat di Kesultanan Jailolo, itu sudah pernah dilaporkan ke Polres Halmahera Barat atas tuduhan penipuan.

“Pernah dia (Amar) datang bawa keris, katanya itu keris dari pak Soekarno yang berasal dari Kerajaan Jailolo. Saat itu sempat menghebohkan perangkat adat serta masyarakat Halbar dan setelah diketahui keris itu palsu sehingga dia dipecat dari jabatan Jo Hukum Kesultanan Jailolo oleh mendiang Sultan Jailolo Abdullah Sjah,” ungkapnya.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Makayoa Haltim Sumbang Hewan Qurban di Tiga Desa

Sen Jul 27 , 2020
JAILOLO – Kedaton Kesultanan Jailolo di Desa Soakonora, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Senin (27/07/2020) siang, dibuat heboh dengan ulah salah seorang pria yang diketahui bernama Amar Ma’ruf. Didampingi salah seorang warga bernama Awat Lolori, Amar yang diterima baik-baik untuk bertemu Sultan Jailolo Ahmad Sjah malah mengaku bila […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!