Idul Adha Tahun ini Sumbangan Qurban Turun Drastis

Sahnawi Ahmad

TIDORE – Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Kota Tidore Kepulauan, Sahnawi Ahmad menyebutkan, sumbangan hewan qurban untuk Idul Adha tahun ini menurun drastis.

Menurut Sahnawi, jika pada Idul Adha 2019 sumbangan hewan qurban sapi mencapai sekitar 140 ekor lebih, maka di tahun ini menurun hanya puluhan ekor saja.

“Di tahun 2020 ini berkisar 30 ekor lebih, sesuai data yang kami terima di tanggal 21 Juli 2020,” jelas Sahnawi saat dikonfirmasi, Rabu (23/07/2020).

Sahnawi bilang, hewan qurban masih didominasi jenis qurban sapi yang rata-rata didatangkan dari Wairoro, Halmahera Tengah dengan kisaran harga jual per-ekor mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 15 juta. Sedangkan qurban jenis ternak kambing belum ada.

“Namun kami terus mendata, karena pengumpulan hewan qurban batas sampai tanggal 29 Juli 2020 disebabkan karena Covid-19, jadi anggaran juga berkurang,” tutur Sahnawi seraya mengaku selama ini sumbangan qurban sangat jarang dari pengusaha.

Karena sedikitnya perolehan qurban maka akan ada kelurahan/desa yang kebagian dan ada pula yang tidak kebagian.

Karena masih pandemi Covid-19 maka soal pemotongan hewan qurban kata dia, akan diserahkan ke kelurahan/desa masing-masing dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti, memakai masker, memakai sarung tangan, dan hindari kerumunan.

“Jadi, kita tetap menyurat ke setiap lurah agar pada saat hari H nanti pemotongan sapi jangan terlalu banyak berkerumunan. Tentu sebelum sapi itu dipotong, kita melakukan pengecekan apakah sehat atau tidak, langsung ditangani oleh dokter hewan,” tambahnya.

Sementara itu terkait dengan pelaksanaan sholat ied, pun dikembalikan ke kelurahan/desa masing-masing.

Jika akan dilaksanakan berjamaah di masjid maka harus tetap mengikuti protap kesehatan dan diimbau untuk menghindari kerumunan.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kadis PUPR Kepsul Diperiksa Polisi soal Proyek Air Bersih di Kantor Bupati

Kam Jul 23 , 2020
TIDORE – Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Kota Tidore Kepulauan, Sahnawi Ahmad menyebutkan, sumbangan hewan qurban untuk Idul Adha tahun ini menurun drastis. Menurut Sahnawi, jika pada Idul Adha 2019 sumbangan hewan qurban sapi mencapai sekitar 140 ekor lebih, maka di tahun ini menurun hanya puluhan ekor saja. […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!