Enam Wakil Rakyat Mangkir Paripurna, ini Kata Ketua BK DPRD Haltim

Hasanuddin Ladjim

MABA – Sebanyak 6 orang anggota DPRD Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) diberi peringatan oleh Badan Kehormatan (BK) DPRD Haltim lantaran mangkir dalam sidang paripurna.

Keenam wakil rakyat yang telah dikantongi namanya itu, kabarnya tidak mengikuti paripurna penyerahan LKPD, RT/RW dan dokumen nota keuangan oleh Pemerintah Kabupaten Haltim, mulai kemarin hingga hari ini, Selasa (21/07/2020).

Ketua BK DPRD Haltim, Hasanuddin Ladjim menuturkan, tidak hanya absen dari paripurna, mereka pun hilang kabar tanpa izin. Padahal rapat paripurna yang dilaksanakan kemarin adalah rapat penting, dalam rangka untuk mengukur sejauh mana kinerja pemerintah daerah.

“Oleh karena itu kehadiran anggota DPRD itu sangat penting, untuk menganalisis kemudian membaca secara detail terkait dengan dokumen APBD atau nota keuangan yang disampaikan oleh pemerintah daerah,” cetusnya.

Secara lisan kata Hasanuddin, dirinya telah memberikan teguran keras kepada mereka yang mangkir paripurna.

“Ini sangat disayangkan, karena tidak ada penyampaian ke Badan Kehormatan DPR dan ini saya sudah sampaikan ke teman-teman anggota Badan Kehormatan DPR agar segera rapat untuk memutuskan itu,” cetusnya seraya menyebutkan wakil rakyat harus patuh dengan kode etik dan tata tertibnya.

Dia juga menegaskan, wakil rakyat yang kerap absen tanpa izin atau tanpa alasan yang jelas nama-namanya akan dipublis dalam waktu dekat ini.

“Badan kehormatan saat ini sudah mengantongi seluruh nama-nama yang akan nanti diumumkan satu dua hari kedepan terkait dengan yang memenuhi presentase kehadiran 50 persen dan tidak memenuhi presentase 50 persen dari 20 orang anggota,” tegasnya.

Dengan demikian tambah dia, diharapkan kedepannya ada peningkatan kinerja wakil rakyat dalam menjalankan amanah rakyat, khususnya di Kabupaten Haltim.

“Saya harap kedepan setelah ini kita umumkan yang memiliki kinerja baik dan tidak baik, kedepan sudah bisa ada peningkatan soal kinerja,” tandasnya.(dan/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sungai Balangkoyo Meluap, Puluhan Warga Desa Kou Mulai Mengungsi

Sel Jul 21 , 2020
MABA – Sebanyak 6 orang anggota DPRD Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) diberi peringatan oleh Badan Kehormatan (BK) DPRD Haltim lantaran mangkir dalam sidang paripurna. Keenam wakil rakyat yang telah dikantongi namanya itu, kabarnya tidak mengikuti paripurna penyerahan LKPD, RT/RW dan dokumen nota keuangan oleh Pemerintah Kabupaten Haltim, mulai kemarin hingga […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!