Selangkah Lagi Perda Perlindungan Perempuan dan Anak disahkan

Elvri Habib

TIDORE – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) selangkah lagi bakal disahkan menjadi Perda.

Saat ini, menurut anggota Pansus Perda Perlindungan Perempuan dan Anak, Elvri Habib, Ranperda tersebut tinggal diboboti pada sejumlah pasal. Terutama pada perihal pencegahan.

“Masih ada pasal-pasal yang perlu diboboti oleh kejaksaan dan pengadilan, terkait dengan langkah pencegahan. Untuk itu, masih perlu ada perbaikan bersama dan mudah mudahan di tanggal 23 Juli 2020 nanti sudah rampung,” ucap Elvri, Jumat (17/07/2020).

Lanjut dia, pansus juga mendapat usulan dari Forum Studi Perempuan (Fospar) Maluku Utara, agar pada Perda tersebut dimasukkan pemberian sanksi bagi pelaku kekerasan. Alhasil permintaan tersebut tidak disetujui oleh kejaksaan maupun pengadilan.

Menurut Elvri, pada Perda ini upaya pencegahan adalah hal yang paling utama. Sebab dengan pencegahan maka diharapkan angka kekerasan perempuan dan anak bisa ditekan.

“Kalau sudah di-perda-kan, kami menginginkan proses ini berjalan dan disosialisasikan betul, sehingga bisa diterima oleh masyarakat di 8 Kecamatan di Kota Tidore Kepulauan,” tandasnya.

Terpisah, Wakil Ketua II DPRD Tikep, Ratna Namsa menuturkan, Ranperda dimaksud saat ini masih diberi tanda bintang, yang artinya produk legilasi tersebut belum sepenuhnya rampung.

“Tetapi di tanggal 23 atau 24 Juli nanti, tinggal dirampungkan dan akan diparpurnakan,” jelas Ratna.

Disamping itu lanjut dia, selain Ranperda Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, satu Ranperda lainnya yang bakal disahkan menjadi Perda yakni Ranperda Tentang Penanaman Modal.(len/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Percikan Pemikiran Tentang Tuhan Tidak Perlu Dibela

Sab Jul 18 , 2020
TIDORE – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) selangkah lagi bakal disahkan menjadi Perda. Saat ini, menurut anggota Pansus Perda Perlindungan Perempuan dan Anak, Elvri Habib, Ranperda tersebut tinggal diboboti pada sejumlah pasal. Terutama pada perihal pencegahan. “Masih ada pasal-pasal yang perlu […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!