KPM Gotowasi Gelar Dialog Publik

MABA – Kerukunan Pelajaran Mahasiswa (KPM) Gotowasi, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) menggelar dialog publik dengan tema, “Peran Pemuda Dalam Mengembalikan Khitah Kebudayaan Sebagai Pisau Revolusi Pembangunan Daerah,”. Kegiatan bertempat di Musalah Desa Gotowasi, Rabu (15/7/2020).

Ketua Panitia Hasbullah Junaid mengatakan, kegiatan tersebut direspon baik oleh masyarakat. “Kegiatan ini kami hadirkan narasumber yang berkompeten dan memiliki segudang pengalaman organisasi diantara, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Haltim Hardi Musa, S.pd. MA, Anggota DPRD Haltim Sekretaris Komisi I Hasanuddin Ladjim, S.pdi dan tak kala hebatnya juga hadir aktivis melenial sekertaris DPD KNPI Haltim Rusmin Hasan,” katanya.

Senada dengan itu Ketua Umum KPM Gotowasi Fikri Abdurahman mengucapkan terimakasih kepada semua stekholder, sesepuh, dan narasumber yang telah membantu baik pada aspek gagasan maupun materi sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

“Kegiatan ini bertujuan mendorong kepada DPRD untuk dapat mengesahkan Perda Masyarakat Adat serta memberikan rekomendasi kepada pemdes dan BPD Gotowasi untuk membuat perdes kaitannya dengan pembenahi struktur adat sekaligus mendorong akselerasi atau percepatan kebudayaan dengan mengusulkan supaya diadakan monumen kebudayaan yang menampil identitas masyarakat Gotowasi,” jelasnya.

 

Selain itu, KPM Gotowasi juga mendorong kepada Pemkab Haltim untuk membuat laboratorium kebudayaan. “DPRD Haltim untuk jadikan bahasa lokal sebagai arah kebijakan pendidikan dalam aspek kurikulum pendidikan formal,” papar Fikri.

Dengan demikian, ia berharap melalui dialog ini bisa menjadi bahan pikir dalam kerangka perencanaan pembangunan dan proyeksi masa depan daerah.

“Semoga nilai-nilai budaya selalu menjadi sumber mata air kehidupan untuk kita sebagai arti dari esensi filosofis Desa Gotowasi,” harapnya.(dan/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

IFAS Desak Polres Haltim Usut Dugaan Mafia Lahan Tambang

Rab Jul 15 , 2020
MABA – Kerukunan Pelajaran Mahasiswa (KPM) Gotowasi, Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) menggelar dialog publik dengan tema, “Peran Pemuda Dalam Mengembalikan Khitah Kebudayaan Sebagai Pisau Revolusi Pembangunan Daerah,”. Kegiatan bertempat di Musalah Desa Gotowasi, Rabu (15/7/2020). Ketua Panitia Hasbullah Junaid mengatakan, kegiatan tersebut direspon baik oleh masyarakat. “Kegiatan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!