Disnakertrans Halteng Pulangkan 157 Warga Ambon, ini Penyebabnya

Pemeriksaan dokumen izin kerja 157 warga asal Ambon yang tiba di Kab. Halteng

WEDA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) memulangkan 157 warga asal Ambon, Provinsi Maluku yang akan bekerja di PT IWIP, Rabu (15/7/2020).

Pemulangan ratusan karyawan dari PT Daya Nusantara Abadi ini dikarenakan tidak memiliki dokumen berupa izin usaha lembaga penyalur tenaga kerja swasta LPTKS.

“Mereka yang dipulangkan itu sebayak 157 orang warga Ambon karena tidak memiliki dokumen lengkap seperti izin usaha tenaga kerja swasta,” ungkap Hakkamy Husain, Kepala Disnakertrans Halteng kepada wartawan Rabu siang.

Hakkamy bilang, syarat-syarat itu telah diatur dalam Undang-undang No 13 maupun Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 39 tahun 2016 tentang penempatan tenaga kerja.

“Mereka tiba di Halteng itu pada Sabtu (11/7/2020) malam itu kami langsung periksa ternyata dokumen izin itu tidak ada semua jadi terpaksa harus kembali,” ujarnya.

“Dalam ketentuan penyalur tenaga kerja punya dua lembaga yaitu pemerintah maupun swasta. Kalau swasta ini antara provinsi, surat ijin usahanya dikeluarkan dari Dirjen Ketenagakerjaan mereka juga tidak punya. Meski mereka punya harus juga mendapatkan rekomendasi dari provinsi, itu yang dinamakan tenaga kerja antar daerah lintas provinsi,” sambung Hakkamy mengakhiri.(cem/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPU Kota Tikep Ajak Masyarakat Ikut Gerakan Klik Serentak Pilkada 2020

Rab Jul 15 , 2020
WEDA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) memulangkan 157 warga asal Ambon, Provinsi Maluku yang akan bekerja di PT IWIP, Rabu (15/7/2020). Pemulangan ratusan karyawan dari PT Daya Nusantara Abadi ini dikarenakan tidak memiliki dokumen berupa izin usaha lembaga penyalur tenaga kerja swasta LPTKS. “Mereka […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!