Balon Kada Siap-Siap, 4 September KPUD Buka Pendaftaran

ilustrasi

JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) memastikan mulai 4-6 September 2020 tahapan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Halbar akan dibuka.

Sebelum memasuki tahapan tersebut, para pasangan bakal calon kepala daerah (Balon Kada) bakal mengikuti tahapan sosialisasi tentang persyaratan pencalonan yang diselenggarakan oleh KPUD.

Bacaan Lainnya

“Untuk persyaratan pencalonan mengacu pada PKPU Nomor 1 Tahun 2020. Dalam beberapa point juga mengatur tentang persyaratan pencalonan yang wajib dipenuhi pasangan calon,” jelas Yanto Hasan, Komisioner KPUD Halbar Devisi Teknis Penyelenggara, Rabu(15/07/2020).

Setelah tahapan pendaftaran, lanjut dia, KPUD akan melakukan verifikasi persyaratan mulai dari tanggal pendaftaran hingga 22 September 2020. Sedangkan untuk tahapan penetapan calon dijadwalkan pada 23 September 2020 dilanjutkan dengan pengundian nomor urut pada tanggal 24 September 2020.

“Sepanjang proses itu juga KPUD bakal mengumumkan dokumen data diri para pasangan calon dan dokumen calon. Ini dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui atau memberi informasi kepada KPUD untuk diverifikasi terkait calon yang bersangkutan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, pada setiap tahapan KPU tetap memberlakukan protokol Covid-19, baik terhadap para pasangan calon maupun petugas.(red)

Pos terkait