Bawaslu Haltim Perketat Pengawalan Coklit Data Pemilih

Kartini Abdullah
Kartini Abdullah

MABA – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) memastikan bakal mengawal ketat tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pada pemuktahiran data pemilih.

Kordiv Pengawasan Bawaslu Haltim, Kartini Abdullah menuturkan, pengawalan salah satu tahapan jelang Pilkada Haltim ini merupakan upaya Bawaslu dalam memastikan penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu, saya mengajak semua pihak supaya mau bersinergi dan terlibat dalam mengawasi jalannya tahapan pencoklitan, agar pilkada tahun ini dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan mensukseskan setiap tahapan yang dilakukan oleh KPU Haltim,” jelas Kartini, Rabu, (08/07/2020).

Lanjut dia, dalam rangka itu pula Bawaslu telah memerintahkan jajaran tingkat bawah untuk melakukan pencermatan DP4 hasil sinkronisasi dengan DPT tahun 2019.

“Nah, data-data tersebut yang kemudian menjadi data banding, pada saat pemutakhiran data pemilihan coklit nanti,” tukasnya.

Kartini pun menambahkan, jadwal pemutakhiran DPT berlangsung mulai tanggal 15 Juli 2020 mendatang di tingkat KPU Haltim, sementara dari 10 kecamatan yang baru melakukan sinkronisasi DPT hasil terakhir yakni Maba Selatan, Wasile Timur, Wasile Selatan, Maba Utara dan Maba Tengah.

“Saat ini sudah ada lima kecamatan yang sudah dilakukan sinkronisasi dan kemungkinan besar dipastikan pada tanggal 10 Juli semua sudah selesai,” ungkapnya.(dan/red)

Pos terkait