Warga Desa Kosa Minta Normalisasi Sungai Kayu Laka disegerakan

Aksi warga Desa Kosa minta normalisasi sungai atasi banjir
Aksi warga Desa Kosa minta normalisasi sungai atasi banjir

TIDORE – Warga Desa Kosa, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepualaun (Tikep) meminta normalisasi sungai Kayu Laka segera dilakukan.

Pasalnya, intensitas hujan yang tinggi beberapa hari belakangan ini membuat warga was-was akan terjadi banjir susulan.

Bacaan Lainnya

Permintaan ini disampaikan melalui aksi demonstrasi puluhan warga Desa Kosa, Selasa (7/7/2020).

Dari amatan maluttimes.com, massa juga memblokade jalan lintas menuju Desa Payahe dengan cara bakar ban bekas serta memasang spanduk bertuliskan “Pemerintah Kota, Kami Butuh Hadir Buka Janji-Janji, Pemkot Tikep Mati Rasa, Pemerintah Desa Kosa Tenggelam, dan Pemerintah Kota Tikep Telah Mati”. Akibatnya arus lalulintas Pahaye – Sofifi macet.

BACA JUGA: Lamban Tangani Banjir di Kosa, BPBD Tikep ‘disemprot’ Pimpinan Dewan

“Banjir yang melanda Desa Kosa bukanlah hal baru tetapi sudah berulang-ulang kali, namun tidak ada kepedulian dari pemerintah. Makanya torang (kami) palang jalan ini agar tuntuntan torang bisa dipenuhi. Karena hal ini bagian dari kegelisahan masyarakat,” ucap Gufaran Ayub selaku koordinator aksi ketika berorasi.

Gufran juga menyampaikan beberapa poin tuntuan warga dinatranya, meminta Pemkot Tikep agar serius dalam menengani banjir yang terjadi di Desa Kosa, Pemkot Tikep agar segera memperbaiki saluran irigasi yang volumenya kecil sehinga air meluap serta Pemkot Tikep segera menormalisasi kali Kayu Laka.

“Dengan adanya banjir ini mengakibatkan masyarakat yang ada di wilayah trans gagal panaen,” ungkapnya dengan nada kesal.

Gufran mengancam jika tuntutan ini tak diindahkan maka akan dilakukan aksi susulan dengan jumlah massa yang lebih besar lagi.(len/red)

Pos terkait