Bupati dan DPRD Haltim Minta Camat Wasile Selatan Segera Undur Diri

Bupati Haltim Muh Din Ma’bud saat tatap muka dengan massa aksi di Kecamatan Wasile Selatan

MABA – Bupati Halmahera Timur (Haltim) Muh Din Ma’bud bersama Wakil Ketua II DPRD Haltim Idrus Maneke medatangi massa aksi di Kecamatan Wasile Selatan, Selasa (7/7/2020).

Di tengah – tengah massa aksi dan masyarakat dengan tegas Bupati meminta Camat Wasile Selatan, Man Usman segera undur diri dari jabatannya terhitung mulai hari ini.

Bacaan Lainnya

“Seandainya bukan larangan dari Bawaslu, besok itu sudah keluar SK pemecatan camat,” tegas Bupati di hadapan masyarakat.

Bahkan kata Muh Din, terlalu jauh langkah dilakukan oleh Camat ini, Bupati saja tidak berani jika menyangkut masalah hak tanah

“Negeri ini adalah negeri adat, sebelum kita bicara hukum positif lebih dulunya kita bicara hukum adat,” kecam Bupati diikuti teriakan ‘betul’ dari massa aksi yang hadir.

Kata dia, pergerakan tambang di Haltim yang selalu dilakukan adalah dengan dialog antara tokoh masyarakat, Kepala Desa dan pihak tambang kemudian diputuskan kesepakatan bersama.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati mengundang secara lisan kepada pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh Agama, DPRD, Polres, Kejaksaan Negeri Haltim untuk hadir dalam agenda hearing bersama PT IWIP secara terbuka di Aula Kantor Bupati Haltim pada Kamis (9/7/2020) pukul 10.00 WIT untuk membahas pesoalan pertambangan PT IWIP.

“Saya undang agar kita bahas bersama PT IWIP terkait masalah ini,” kata Muh Din.

Senada dengan Bupati, Wakil Ketua II DPRD Haltim Idrus Maneke mendesak Camat Wasile Selatan untuk segera undur diri.

“Sebagai wakil rakyat, DPRD Haltim meminta Camat Wasile Selatan legowo mengundurkan diri karena langkah-langkah yang dia lakukan sudah menyalahi kewenangan dia sebagai seorang camat,” tandasnya.(dan/red)

Pos terkait